Pj Bupati Bandung Barat Bertindak Cepat Atasi Keracunan Makanan di SDN Gandasari

Peristiwa

Pj Bupati Bandung Barat Bertindak Cepat Atasi Keracunan Makanan di SDN Gandasari

26 Juni 2024

Admin

655

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melakukan rapat koordinasi penanganan keracunan makanan di SDN Gandasari, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam rapat itu dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Ade Zakir dengan melibatkan stakeholder terkait yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB dan juga aparat kewilayahan.

Berdasarkan data Dinkes KBB, korban keracunan makanan hingga Rabu 26 Juni 2024 pukul 07.00 wib mencapai 118 orang dan 99 orang diantaranya sudah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Sementara itu, 16 orang korban keracunan makanan tersebut harus dirujuk ke RSUD Cililin untuk mendapatkan penanganan medis dan sisanya masih dalam tahap observasi tim medis.

Pj Bupati Bandung Barat, Ade Zakir mengatakan, Dinkes Kabupaten Bandung Barat hingga saat ini terus bersiaga menangani para siswa yang mengalami gejala keracunan makanan.

"Tadi kami sudah melakukan rapat melalui zoom untuk memastikan penanganan terhadap para korban itu cepat dan tepat," katanya.

Ia menjelaskan, proses pengobatan para korban dilakukan secara maksimal agar korban yang didominasi anak-anak ini bisa segera pulih kembali.

"Tim medis terus berupaya memberikan yang terbaik agar anak-anak kita ini kesehatannya segera pulih seperti sediakala," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat yang tengah menyajikan makanan dengan jumlah banyak untuk senantiasa memperhatikan kebersihan dan tata cara mengolah makanan yang baik.

"Kami pun mengimbau kepada orang tua agar mengawasi jajanan maupun makanan yang dikonsumsi oleh anak-anaknya," harapnya.