Momentum Idul Adha, ASN Bandung Barat Berqurban untuk Masyarakat dan Korban Bencana

Agama

Momentum Idul Adha, ASN Bandung Barat Berqurban untuk Masyarakat dan Korban Bencana

17 Juni 2024

Admin

622

Pemkab Bandung Barat melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bandung Barat pada perayaan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Ade Zakir mengatakan, sebanyak tiga ekor sapi dan 23 kambing yang dititipkan ASN Bandung Barat ke DKM Ash Shidiq.

“Alhamdulillah, semua dipotong di RPH Cikamuning, nanti sudah turun daging dibawa ke sini (Masjid Ash Shidiq) untuk dikemas dan disebarkan,” katanya saat ditemui, Senin (17/6/2024).


Ia menambahkan, usai dipotong di RPH puluhan hewan kurban tersebut akan didistribusikan ke masyarakat sekitar terlebih dahulu.

“Yang pertama nanti akan kita bagikan ke warga sekitar. Sisanya mungkin nanti kita akan nunggu di kecamatan mana nanti yang kurang. Mungkin fungsi pemerintah di sini harus menyeimbangkan semua harus dapat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemotongan hewan kurban pun akan dilanjutkan di hari kedua hari raya Idul Adha yang dilaksanakan di lokasi warga terdampak bencana di Kecamatan Cipongkor.


“Nah untuk lokasi bencana, kita dapat bantuan 7 ekor sapi dan pelaksanaan penyembelihannya besok di Kecamatan Cipongkor,” tambahnya.

“Sekarang juga sedang dipersiapkan, sapinya sudah datang. Jadi khusus untuk yang korban bencana kurang lebih 700 orang itu nanti disamping kita membagikan daging kurban akan ditambah dengan sembako,” imbuhnya.

Ia menegaskan, momentum idul adha merupakan momen ibadah yang tidak hanya langsung kepada Allah SWT. Selain itu juga, berqurban pun merupakan momentum ibadah sosial kepada sesama manusia.

“Jadi momen hari ini tidak hanya masalah ibadah vertikal, Barangkali juga ibadah horizontal sosial dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban,” katanya.

“Kami memaknai Idul Adha tentu kita meneladani apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim dalam hal keikhlasan tentunya diimplementasikan dalam bekerja dan berkorban untuk KBB,” tandasnya.