Koordinasi Pemkab Bandung Barat dan Tim SAR Gabungan Temukan Tiga Korban Longsor Cipongkor

Peristiwa

Koordinasi Pemkab Bandung Barat dan Tim SAR Gabungan Temukan Tiga Korban Longsor Cipongkor

25 Juli 2023

Admin

298

Tim SAR Gabungan menemukan tiga jasad warga Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tertimbun material longsor.

Berdasarkan laporan yang diterima, ketiga jasad itu terdiri dari dua anak-anak dan seorang perempuan dewasa. Ditemukan dalam interval waktu yang berdekatan.

Jasad pertama yang ditemukan merupakan anak perempuan pada pukul 11.54 WIB. Sekitar setengah jam kemudian, ditemukan jasad kedua seorang anak berjenis kelamin laki-laki ditemukan pukul 12.23 WIB. Terakhir, jasad perempuan dewasa ditemukan pukul 12.56 WIB.

Tiga jenazah itu ditemukan di kedalaman lumpur sekitar 1,5 meter. Begitu terindikasi ada penemuan jenazah, petugas langsung menyemprotkan air dari alkon.

"Ketiga jenazah ditemukan pada kedalaman sekitar 1,5 meter. Cukup dalam lapisan material lumpur yang berasal dari longsoran tanah. Tentunya ini menjadi kendala," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Basarnas Bandung, Supriono pada Selasa 26 Maret 2024.

"Ketiga jasad itu ditemukan di worksheet A atau zona 1 pencarian yang difokuskan Tim Sar Gabungan sejak hari pertama pencarian," sambungnya.

Ia menyebut, ketiganya ditemukan sesuai dengan informasi awal bahwa di titik tersebut ada 5 sampai 6 korban yang diduga tertimbun.

"Sehingga dari awal pencarian kami konsentrasi di sana. Terbukti ditemukan 3 jenazah worksheet ini," sebutnya.

Setelah dimasukkan ke kantong jenazah langsung dibawa ke RSUD Cililin untuk diidentifikasi oleh kepolisian.

Diketahui, ada 10 korban yang diduga tertimbun yakni Encep (60), Opin (45), Diki Putra (4), Sifa (9), Dadi (55), Eras (53), Nabila Destiani (4), Aam (50), Aji (2), dan Lastri (32).