Banjir Bandang di Desa Nyalindung, Pemkab Bandung Barat Siapkan Respons Cepat

Lainnya

Banjir Bandang di Desa Nyalindung, Pemkab Bandung Barat Siapkan Respons Cepat

25 Juli 2023

Admin

513

BANDUNG BARAT - Bencana banjir bandang yang melanda Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Rabu dini hari, 27 Maret 2024, telah menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Dalam upaya memberikan bantuan dan dukungan maksimal kepada warga terdampak, pemerintah Kabupaten Bandung Barat bersiap untuk bertindak cepat.

Genangan air banjir dari sungai Cimeta, dengan arus yang kuat, telah merendam pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai 40-70 centimeter, mempengaruhi wilayah pemukiman di RW 13, RW 03, dan RW 14. Kantor desa Nyalindung telah melakukan pemetaan kerusakan yang melibatkan pemukiman warga, fasilitas umum seperti jembatan, dan bahkan SDN Nyalindung.

Sebanyak 15 rumah rusak parah, tersebar di 3 RW, dengan rata-rata tembok yang jebol akibat air serta membawa sampah dan lumpur. Dampaknya, 30 keluarga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat, terutama yang rumahnya berdiri dekat sungai Cimeta. Salah satu jembatan yang terputus terletak di Kampung Guha Mulai RT 02 RW 14, akibat tergerusnya arus sungai. (Diskominfotik KBB)