Ade Zakir Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa di Kabupaten Bandung Barat, Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Pemerintahan

Ade Zakir Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa di Kabupaten Bandung Barat, Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

12 Juni 2024

Admin

799

BANDUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengukuhkan dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) tentang perpanjangan masa jabatan Kepala Desa se-Kabupaten Bandung Barat secara bertahap.

Pengukuhan dan penyerahan SK perpanjangan masa jabatan ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Perubahan tersebut mengatur masa jabatan Kepala Desa yang sebelumnya enam tahun menjadi delapan tahun, sehingga perlu dilakukan perubahan Keputusan Bupati Bandung Barat.

PLH Bupati Bandung Barat , Ade Zakir, S.T.,M.A.P mengatakan, perpanjangan masa jabatan kepala desa ini sangat istimewa karena dilakukan tanpa melalui proses PAW (Penggantian Antar Waktu) atau pemilihan ulang.

"Perpanjangan ini sangat istimewa, semoga kepala desa lebih bisa meningkatkan dan memperbaiki kinerja sehingga pelayanan kepada masyarakat juga lebih optimal. Saya berharap dengan adanya tambahan masa jabatan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin," tambahnya.

Ade Zakir berpesan kepada seluruh kepala desa agar selama tambahan masa jabatan ini digunakan sebaik mungkin.

"Pesan saya kepada bapak-bapak yang dikukuhkan jabatannya, agar bisa memanfaatkan waktu jabatannya secara optimal dalam pelayanan masyarakat, tingkatkan konsolidasi dan sinergitas yang sudah terjalin dengan unsur-unsur stakeholder yang ada di desa, kecamatan, serta kabupaten. Manfaatkan APBDes yang ada secara objektif dan transparan," pesannya.

Ia juga menegaskan kepada kepala desa agar tidak ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti terkait pengelolaan desa.

"Jangan ragu untuk bertanya manakala ada yang kurang dimengerti, tanyalah kepada DPMD atau Inspektorat. Insya Allah, semua akan bersedia memberikan bimbingan demi kemajuan pemerintahan desa," tegasnya. (Diskominfotik KBB)