7 Makanan Khas Bandung Barat: Cemilan Nikmat Bikin Ketagihan, Cocok Jadi Oleh-oleh

Seni Budaya

7 Makanan Khas Bandung Barat: Cemilan Nikmat Bikin Ketagihan, Cocok Jadi Oleh-oleh

25 Juli 2023

Admin

8.247

DISKOMINFOTIK KBB - Kabupaten Bandung Bandung Barat (KBB) memiliki kekayaan kuliner sangat melimpah. Hampir tiap kecamatan di KBB memiliki produk makanan masing-masing dan menjadi ciri khas daerahnya. 

Aneka makanan khas Bandung Barat memiliki keunikan rasa, tekstur, dan tatacara tersendiri dalam pembuatannya. 

Jadi anda tak hanya sekedar menikmati makanannya atau kudapan oleh-oleh untuk kerabat dan saudara, tapi juga bisa mengamati langsung tahapan pembuatan makanan dengan mendatangi sentra pengolahannya. 

Lantas apa saja makanan khas Bandung Barat? berikut kami rangkum 7 jenis makanannya serta sentra pembuatannya. 

1. Peuyeum

Peuyeum atau tapai adalah kudapan khas Bandung Barat yang terbuat dari bahan baku singkong melalui proses fermentasi. 

Makanan ini memiliki rasa manis dan sedikit asam. Cara menikmatinya bisa langsung dimakan atau diolah lagi dengan cara digoreng atau dipadukan dengan tepung terigu. 

Sentra pembuatan peuyeum di Kabupaten Bandung Barat terletak di tiga desa yakni Gunungmasigit, Citatah, dan Cipatat Kecamatan Cipatat.

2. Wajit

Wajit merupakan makan olahan dari bahan baku beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Serupa kue, makanan ini dibuat dengan tahapan mengukus, membungkus, dan menjemur. 

Sentra pembuatan wajit di Kabupaten Bandung Barat terletak di Kecamatan Cililin. Ada banyak macam wajit, tetapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.

3. Sate Kelinci

Jika Purwakarta punya sate terkenal bernama Maranggi, Kabupaten Bandung Barat memiliki makanan khas yakni sate kelinci. Penjual sate kelinci di Kabupaten Bandung Barat berderet sepanjang jalan menuju Lembang.

4. Gurilem

Gurilem adalah cemilan berjenis kerupuk dengan rasa gurih, asin, dan pedas. Pembuatan gurilem tidak memakai minyak goreng, melainkan dengan cara dipanggang menggunakan media pasir sungai.

Gurilem merupakan akronim dari gurih dan pelem. Sesuai namanya, kerupuk ini menyuguhkan sensasi rasa gurih dan tekstur renyah. Sentra penjual dan produksi gurilem terletak di Kecamatan Cihampelas dan Cililin. 

5. Bolu Susu

Bolu Susu Lembang adalah kue bolu yang berbahan dasar susu, sehingga memiliki rasa manis dan tekstur lembut. 

Sentra pembuatan bolu susu ini terletak di Lembang, tapi gerai toko bolu susu kini bisa ditemui di beberapa daerah Bandung Raya. 

6. Opak Kolontong

Opak Kolontong merupakan cemilan berbentuk bulat seperti kerupuk namun berasa manis. Kudapan ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, dikukus, dan dikeringkan. Setelah kering, Opak Kelontong di bakar di atas bara atau digoreng tanpa minyak menggunakan media pasir.

Sentra penjualan dan pembuatan opak kelontong terletak di Kampung Cipari Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

7. Kicimpring 

Kicimpring adalah olahan makanan yang terbuat dari olahan singkong, yang mana memiliki variasi rasa yang beragam, dari mulai rasa gurih, asin, manis, pedas, dan merambah ke rasa rasa yang lainnya. Begitu pula kicimpring kadang disebut pula kerupuk singkong. 

Sentra pembuatan dan penjualan kicimpring di Bandung Barat terletak di Kampung Babakan Bandung, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang.