Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Resmi dibuka Flyover Pertama di Bandung Barat, Untuk Ekonomi Kuat di Tahun 2030


57 Dilihat

Ngamprah - Peresmian flyover simpang padalarang dilakukan oleh Plt. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan di atas jalan layang yang memiliki panjang 340 meter tersebut pada Jumat 26 November 2021, Selain Plt Bupati Hengki, tampak hadir pula perwakilan PT Bela Putra Intiland selaku pengembang, beberapa Kepala OPD, jajaran Forkompimda KBB, Camat Padalarang, pihak Jasa Marga, dan tamu undangan lainnya dalam acara yang dilaksanakan di Flyover Simpang Padalarang, kawasan Kota Baru Parahyangan.

Plt. Bupati Bandung Barat mengharapkan, keberadaan jalan layang ini bisa menjadi jalan kebaikan dan keberkahan bagi warga yang tinggal di Kota Baru Parahyangan khususnya, juga bagi masyarakat Bandung Barat dan masyarakat pada umumnya. “Alhamdulillah diusianya yang ke 14 tahun, Bandung Barat sudah memiliki flyover. Ini menjadi flyover pertama," ujar Hengki Kurniawan.

Flyover Simpang Padalarang memiliki panjang total 340 meter dengan panjang bentangan jembatan mencapai 180 meter dan lebar sekitar 15 meter. Dalam jangan waktu delapan bulan flyover tersebut selesai dibangun dengan dana CSR mencapai Rp 110 miliar.

Hengky menjelaskan, pasca rampungnya flyover simpang padalarang ini pihaknya pun berencana untuk membuat akses lingkar selatan yang menghubungkan Jalan Raya Cipatat ke Kota Baru Parahyangan. "Jadi tidak lewat kesini lagi, bisa lewat Kota Baru Parahyangan dan bisa lewat Cipatat," ujar Hengki

Untuk itu, pihaknya telah menyampaikan kepada GM PT Bela Putra Intiland Ryan Brasali sebagai pengembang Kota Baru Parahyangan. Diharapkan, developer itu membuka akses dari flyover simpang padalarang turun langsung ke arah kiri melewati Batujajar agar bisa tembus ke jalan di kawasan industri. "Jadi mobil besar tidak lewat Cimareme. Tentu ikhtiar ini terus kita lakukan," sebutnya

Flyover Simpang Padalarang itu juga diklaim sebagai flyover pertama yang ada di wilayah Bandung Barat yang Diharapkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di seantero wilayah Bandung Barat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung Barat Lukmanul Hakim mengatakan "Hari ini Pemda KBB secara resmi meresmikan penggunaan Flyover Simpang Padalarang," ungkap Lukmanul kepada wartawan usai peresmian Flyover Padalarang, sebelum bisa digunakan bakal ada ujicoba dan rekayasa lalulintas terlebih dahulu. ujicoba rekayasa lalulintas di kawasan Simpang Padalarang itu bakal dimulai Sabtu hingga Senin. Jumat (26/11/2021). (Seksi IKP Diskominfotik KBB)




Kamu Mungkin Tertarik

  • 10 Januari 2022
Jaringan 5G