Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Peluncuran Aplikasi Lapor Kang Hengki


Bandung Barat - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat meluncurkan program Lapor Kang Hengki sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau keluhan kepada pemerintah.

Lapor Kang Hengki merupakan sebuah aplikasi pelayanan yang sebelumnya menampung melalui pesan Whatsaap (WA) dan untuk saat ini sudah diintegrasikan dengan Pelayanan Sp4n Lapor dari Pememrintah Pusat, yang bertujuan terjadinya komunikasi dua arah antara Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan dengan masyarakat. 

Nantinya aduan masyarakat bisa termonitoring melalui admin dan disampaikan kepada dinas terkait. Misalnya, yang menyangkut masalah kependudukan, itu ranahnya Disdukcapil. Mereka (Disdukcapil) yang mencarikan solusinya. Intinya, Pemerintah Bandung Barat ingin cepat merespons persoalan warga.

Aplikasi ini terhubung ke Admin Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, lalu diteruskan ke Admin OPD masing-masing. Selain itu masyarakat yang melaporkan ataupun yang mempunyai aspirasi maupun keluhan akan terkoneksi dengan Menpan-RB dan selanjutnya akan ditindak lanjuti selama proses 3-4 hari. 

Selain itu aplikasi SP4N lapor kang hengky menjadi bahan peningkatan pelayanan publik untuk operator perangkat daerah (OPD) dan bentuk wujud nyata pelayanan pemerintah bagi masyarakat. 

LAPOR dan SP4N ini juga merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online. yang pelaksanaannya dikoordinasikan, dikelola dan diawasi oleh 3 lembaga dalam bentuk kemitraan antar Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi ( Kemenpan RB ) kantor staf kepresidenan dan Ombudsman RI.

"Pada kesimpulannya meminta agar OPD untuk gercep (gerak cepat) apabila ada keluhan atau aspirasi dari masyarakat. Kita ingin KBB lebih baik lagi," kata Plt Bupati Bandung Barat.

source : ANTARA JABAR



Kamu Mungkin Tertarik