Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Kolaborasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB dan Kelompok Sadar Wisata di Bandung Barat


78 Dilihat

Bandung Barat, 18/10 (Diskominfotik KBB) – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) guna mendorong dan mengembangkan potensi wisata di wilayah Kabupaten Barat. tujuannya adalah diharapkan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wisata bangkit ketika kawasan wisata berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung barat Heri Partomo, S.Ip mengatakan bahwa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah salah satu unsur penting dalam perkembangan Pariwisata. Namun pada kenyataannya memang belum semua tempat wisata di Bandung barat memiliki Pokdarwis.

Beberapa tempat wisata di kawasan Bandung Barat yang sudah Memiliki Pokdarwis diantaranya adalah objek wisata Gua Pawon, Stone Garden, dan Situ Ciburuy. Sementara untuk objek wisata Curug Malela Pokdarwisnya baru saja terbentuk. Dalam pembentukan Pokdarwis di setiap objek wisata juga harus diperhatikan komunikasi dengan pihak desa dan ajakan kepada masyarakat untuk bisa saling menjaga potensi wisata disekitarnya. Karena tanpa dukungan dan kesadaran masyarakat sekitar, akan sulit untuk mengembangkan objek wisata tersebut.

Nantinya, akan dilakukan Pendampingan dan Pelatihan peningkatan Kemampuan Skill kepada para Anggota Pokdarwis. Hal ini dimaksudkan agar anggota Pokdarwis bisa mempunyai wawasan mengenai cara mengelola Pariwisata yang baik dalam segala hal.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tentunya berharap, upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam memaksimalkan pengembangan objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat akan berbuah manis dan berjalan lancar, yang salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan peran serta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Diharapkan kedepannya objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat bisa semakin optimal dalam menarik minat wisatawan.




Kamu Mungkin Tertarik

  • 29 November 2022
Hari KORPRI 2022