Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen di Pekarangan Rumah Untuk Jaga Ketahanan Pangan


369 Dilihat

Bandung Barat - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan atau yang kerap disapa Kang Hengky mengajak masyarakat bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Menurut Kang Hengky, masyarakat bisa memanfaatkan tanaman hidroponik untuk tetap memiliki ketahanan pangan masing-masing keluarga. Hal ini dilakukan untuk menghadapi situasi yang serba sulit saat ini, terutama terkait ktahanan pangan yang ada di lingkungan kita. 

Masyarakat bisa menanan sayuran dan bahan pangan yang mudah dipanen seperti kangkung, bawang, cabai rawit, dan yang lainnya. Sehingga masyarakat mempunyai stok cadangan pangan yang bisa dimasak saat dibutuhkan. Kang Hengky menyampaikan, kita bisa mulai menanam tanaman dengan sistem hidroponik dengan memasukkan bibit tanaman, lalu buat saluran untuk nutrisinya dengan mudah menggunakan paralon. Tips ini sangat berguna bagi masyarakat yang memiliki kelebihan lahan tempat tinggal.

Kang Hengky mengajak kepada seluruh warga terutama ibu-ibu untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dan bisa memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga sehari-hari. Nantinya, akan disosialisasikan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen kepada masyarakat melalui ibu-ibu PKK.




Kamu Mungkin Tertarik