Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Dispernakan Kabupaten Bandung Barat Pastikan Ternak di Bandung Barat Bebas Penyakit PMK


81 Dilihat

Bandung Barat, 21/11 (Diskominfotik KBB) - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, khususnya Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (Dispernakan KBB) memastikan saat ini di wilayah Bandung Barat sudah tidak adal lagi kasus kematian domba akibat penyakit PMK.

Penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya.

Langkah yang sudah diambil oleh Dispernakan Kabupaten Barat untuk saat ini adalah pihaknya selalu mengingatkan kepada peternak atau warga yang membeli hewan dari luar daerah sebaiknya yang sudah diberi vaksin PMK sebanyak dua kali dan sudah diberi tanda sehat. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak ada penyebaran PMK lagi terhadap ternak yang sehat di Bandung Barat. apalagi penyebaran virus ini terbilang cepat menular dari satu hewan ke hewan lainnya yang bisa menular dari udara atau kontak langsung.

Adapun, saat ini Dispernakan KBB masih terus melakukan vaksinasi kepada domba dan sapi yang sehat di wilayah Kabupaten Bandung Barat. hingga saat ini jumlah sapi yang sudah divaksin mencapai 22 ribu ekor sementara domba dan kambing sekitar 5 ribu ekor. Dispernakan KBB pun mengatakan bahwa setelah dilakukan vaksinasi PMK, kasus kematian hewan ternak tidak ada dan penularan virusnya cenderung turun.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tentunya berharap, dengan diadakannya vaksinasi Penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (Dispernakan KBB) yang ditujukan untuk hewan ternak di wilayah Bandung Barat ini dapat memperkecil resiko hewan ternak untuk tertular penyakit PMK, sehingga para peternak yang ada di wilayah Bandung Barat tidak perlu lagi khawatir untuk kedepannya.




Kamu Mungkin Tertarik

  • 29 November 2022
Hari KORPRI 2022