Komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat Jl. Raya Padalarang-Cisarua Km.2 Ngamprah.

Bunda Paud KBB, Sonya Fatmala Dukung Penuh Kebijakan Kemendikbud


30 Dilihat

Bunda PAUD Kabupaten Bandung Barat, Sonya Fatmala mendukung penuh kebijakan Kemendikbud terkait transisi peserta didik PAUD ke SD harus menyenangkan.

Menurutnya, kebijakan kemampuan baca tulis dan hitung (Calistung) tidak menjadi syarat wajib masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD) harus disambut dengan baik.

"Nanti itu bagaimana pembelajaran  calistung ini di jenjang SD dikemas dengan cara yang menyenangkan," katanya saat dihubungi, Kamis (8/6/2023).

Ia menambahkan, di awal masuk kelas 1 SD nanti para peserta didik ini masih diberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan suasana yang tidak jauh berbeda ketika masih PAUD.

"Jadi konsep-konsep mereka belajar di PAUD yang menyenangkan itu tidak berubah ketika mereka masuk ke SD," katanya.

"Jangan sampai nanti ketika masuk SD itu suasana belajarnya menjadi menegangkan menjadi beban untuk mereka," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, transisi peserta didik PAUD ke SD tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Misalnya, ketika belajar calistung di kelas 1 SD dikombinasikan dengan hal yang lain.

"Misalnya ketika belajar menghitung tidak langsung menggunakan angka melainkan menggunakan gambar buah-buahan," katanya.

"Selain itu, misalnya saat melakukan pembelajaran diselingi dengan nyanyi-nyanyi jadi suasana ketika belajar di awal masuk SD tetap menyenangkan," katanya.

Ia menegaskan, dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga berdampak pada perkembangan kognitif peserta didik menjadi lebih baik.

"Banyak hal yang harus disesuaikan. Mudah-mudahan dengan kurikulum Merdeka Belajar bisa mencerdaskan anak bangsa dan tentunya mewujudkan Indonesia Emas 2045," tandasnya.




Kamu Mungkin Tertarik