Cikalongwetan

Kecamatan

Informasi Camat

DUDDY PRABOWO, S.Sos

CAMAT

197311181993031003

Informasi Kecamatan

Jl. Raya No.506, Ciptagumati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556

(022) 6970713

-

kec.cikalongwetan@bandungbaratkab.go.id

-

Foto Camat

Visi

Kecamatan Cikalongwetan sebagai Perangkat Kabupaten Bandung Barat dalam penyelenggaraan Pemerintahannya mempuyai Visi :
“ Terwujudnya Kecamatan Sebagai Intansi Pemerintah yang memberikan Pelayanan Prima dan Memberdayaakan Masyarakat “

Misi
Dalam rangka mewujudkan Visi yang telah ditetapkan, maka diperlukan adanya Misi yang dapat mendukung percepatan terwujudnya Visi, adapun Misi Kecamatan Cikalongwetan adalah ;
a. Mewujudkan Pelaksanaan Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat ;
b. Memberikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat ;
c. Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat ;

Dengan ditetapkannya Misi Kecamatan Cikalongwetan sebagai langkah untuk merealisasikan Visi yang disepakati maka tujuan yang ingin dicapai adalah :
1) Memperpendek tentang pelayanan pengambilan Keputusan sebagai urusan pelayanan publik bagi masyarakat.
2) Masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pelayanan.
3) Masyarakat dapat turut serta dalam kegiatan Pembangunan

Dalam melaksanakan Tugas pokok dan fungsinya Camat dan perangkatnya di atur dalam Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 27 Tahun 2010 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Kecamatan.

a. Camat adalah Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat
Camat mempunyai tugas pokok adalah menyelenggarakan pengkajian, perumusan dan penetapan kebijakan teknis, perencanaan dan penyusunan program, pengendalian pelaksanaan dan pengkoordinasian kebijakan teknis serta pembinaan administrasi dan dibidang Kecamatan
b. Sekretaris Kecamatan
Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja bahan bimbingan teknis dan pengendalian administrasi teknis dibidang kesekretariatan.
Sesuai dengan Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 27 Tahun 2010 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Kecamatan. Pada pasal 4 ayat 2 dan 3 sekretariat mempunyai fungsi dan tugas :
1. Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
2. Pengkajian bahan rencana program kerja dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
3. Pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ; dan
4. Pengendalian administrasi dan teknis dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
5. Melaksanakan pengendalian administrasi keuangan, pengkajian rumusan kebijakan anggaran, administrasi kepegawaian, ketatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan
6. Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaa naskah dinas dan kearsipan, perumusan rencana strategis LAKIP.
Dalam melaksanakan tugas dibantu oleh :
a. Subbagian Penyusunan Program ;
b. Subbagian Keuangan dan ;
c. Subbagian Kepegawaian dan Umum

c. Kepala Seksi adalah Seksi sebagaimana tergambar dalam bagan struktur organisasi Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

1. Tugas Kepala Seksi Tata Pemerintahan adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja di bidang pemerintahan
2) Melaksanakan penyusunan dan analisis bahan koordinasi dan sinkronisasi perencaan dengan SKPD, pembinaan dan pengawasan administrasi desa, perangkat desa dan kepala Desa, bimbingan , survesi, fasilitasi dan konsultasi administrasi Desa
3) Pelayanan Publik terhadap masyarakat, evaluasi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang tata pemerintahan.
4) Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi administasi kepndudukan, casip dan pertanahan dan penyusunan produk hukum desa.

2. Tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat adalah ;
1) Penyusunan dan analisis rencana program kerja, data bahan koordinasi, data bahan perumusan dan kebijakan di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan desa.
2) Penyusunan Peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di desa dan kecamatan
3) Melaksanakan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di bidang pemberdayaan dan desa ;

3. Tugas Kepala Seksi Pengendalian Ketentraman & Ketertiban adalah ;
1) Melakasanakan penyusunan rencana program kerja, analisi data bahan koordinasi, perumusan kebijakan dibidang ketentraman dan ketertiban umum;
2) Melaksanakan koordinasi dengan POLRI atau TNI mengenai program penyelenggaran ketentraman dan ketertiban umum, pembinaan SAT.POL.PP ,LINMAS dan pembinaa kerukunan hidup antar umat beragama.
3) Penegakan PERDA, PERBUP, KEPBUP dan PP serta pengawasan dibidang Kantibum, Pembinaan pemerintah desa dan pemeliharaan kantibum.
4) Melaksanakan penyusunan dan analisi data pembinaan partisipasi masyarakat dalam pemelihraan Kantibum secara swadaya (pamswakarsa), perumusan langkang-langkah antispasi terhadap gangguan Kantibum.

4. Tugas Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana Umum adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja, analisis bahan data koordinasi, perumusan kebijakan, pengawasan dan pembinaan di bidang pembangunan dan pemeliharaan sarana umum.

5. Tugas Kepala Seksi Ekonomi dan Pengembangan Potensi Pendapatan Daerah adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja, analisis bahan data koordinasi, perumusan kebijakan, pengawasan dan pembinaan di bidang ekonomi dan pendapatan potensi daerah.
2) Melaksanakan Penyusunan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana Umum (MUSRENBANG) Tahunan Kecamatan.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id