Visi dan Misi

Kabupaten Bandung Barat

V I S I

MEWUJUDKAN BANDUNG BARAT YANG AKUR (ASPIRATIF, KREATIF, UNGGUL DAN RELIGIUS) BERBASIS PENGEMBANGAN EKNOMI, OPTIMALISASI SUMBER DAYA ALAM DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

ASPIRATIF

Aspiratif memiliki makna sikap menghargai harapan, keinginan, cita-cita dan kemampuan segenap elemen masyarakat. Sikap ini selalu menjadi pegangan dalam menjalankan amanah dalam pemerintahan. Pemerintahan yang aspiratif akan berpihak pada kebutuhan dan suara masyarakat. Suara masyarakat baik secara langsung maupun melalui perwakilannya di lembaga DPRD akan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan di bawah payung hukum yang ada.

Selain itu suara dan pendapat ahli dari berbagai lembaga pendidikan dan lembaga kemasyarakatan juga merupakan masukan penting dalam pelaksanaan amanah pemerintahan.

KREATIF

Kreatif mengandung pengertian bahwa dalam menciptakan terobosan baru dalam rangka memberikan keuntungan dan pemenuhan terhadap hajat hidup orang banyak. Kreatif juga mempunyai makna adanya kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat dalam menciptakan desain pembangunan yang ramah lingkungan dalam koridor peraturan yang ada.

UNGGUL

Unggul mengandung pengertian memiliki kemampuan dan kekuatan berdasarkan potensi yang ada untuk bersaing, memiliki kelebihan kompratif dan kompetitif. Dalam konteks pembangunandi Kabupaten Bandung Barat saran prasarana yang optimal, kualitas SDM yang baik, pengelola yang berkualitas, pelayanan yang diberikan dengan kualitas terbaik, dan produk yang dihasilkan unggul secara kualitas dan dapat bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional.

RELIGIUS

Kondisi masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang memiliki dan terkait dengan nilai-nilai, norma, semangat dan kaidah agama. Nilai, norma dan semangat keagamaan ini harus senantiasa menjiwai, mewarnai dan menjadi ruh atau jiwa bagi seluruh aktivitas kehidupan, termasuk pembinaan sumberdaya manusia, penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan, dan pelaksanaaan pembangunan.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan dengan tetap menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan hidup beragama masyarakat yang berbhineka tunggal ika.

M I S I

1. Membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas melalui jaminan akses dan pemerataan terhadap layanan dasar kesehatan, pendidikan, dan keagamaan.

a) SD-SMP berkualitas dan berakhlak
b) Ustadz Makmur Masjid Agreng
c) Pengembangan Perguruan Tinggi
d) Puskesmas DTP di setiap kecamatan
e) Penguatan sekolah-sekolah kejuruan sesuai kebutuhan daerah

2. Memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar sebagai penunjang mobilitas masyarakat dan pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya.

a) Pembangunan dan peningakatan jalan dan jembatan (lingkar selatan, tengah, dan utara)
b) Peningkatan kualitas jalan dan jembatan (setahun jalan leucir)
c) Peningkatan kualitas jaringan irigasi
d) Jalan di Bandung Barat Caang (Pembangunan PJU)
e) Pembangunan desa berbasis RW (100jt/ RW selama 5 tahun)

3. Menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal dan kreativitas

a) Pengembangan potensi ekonomi berbasis desa (OVOP)
b) Pusat Ekonomi Terpadu
c) Pengembangan Ekonomi Kreatif

4. Melakukan optimalisasi potensi sumber daya alam dan budaya untuk pengembangan pariwisata ramah lingkungan

a) Pengembangan potensi pariwisata berbasis kemitraan
b) Pengembangan Wisata Terpadu dengan pusat seni budaya.

5)Menguatkan keunggulan pertanian, peternakan, dan industri yang merata melalui optimalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi

a) Bank tani
b) Penguatan teknologi pasca panen
c) Pengembangan pasar induk sayuran dan hasil tani
d) Pengembangan usaha/ industri pertanian

6) Mengurangi kesenjangan masyarakat dengan kebijakan yang pro-poor, pro-job, pro-growth, dan pro-environtment

a)Penumbuhan 500 wirausaha baru
b) Penambahan 10 ribu lapangan kerja baru
c) Kartu KBB makmur (covering BPJS untuk seluruh masyarakat, beasiswa)
d) Pembangunan ruang terbuka hijau (ditiap kecamatan
e) Pengelolaan limbah dan sampah terpadu

7) Mengembangkan sistem pemerintahan yang bersih, aspiratif, inovatif dan melayani berbasis inovasi dan teknologi

a) Penguatan e-Government (e-planning, e-budgeting, dan e-controling)
b) Pusat pelayanan publik terpadu
c) Layanan kependudukan di tingkat kecamatan
d) KBB pintar (command center dan smart city)

"AKUR" Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, para anggota legislatif yang terhormat, para pengusaha, praktisi dunia pendidikan, komunitas-komunitas masyarakat, ormas, LSM dan seluruh lapisan masyarakat lainnya serta khususnya para ASN di lingkungan Pemerintah Kab. Bandung Barat untuk senantiasa bahu membahu bekerjasama dalam rangka pembangunan di Kabupaten Bandung Barat tercinta ini, sehingga semua yang kita cita-citakan khususnya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Bandung Barat tercapai.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id