Sosialisasi KPU untuk PILKADA 2018

Bandung Barat, 20 April 2017

Pemilu atau Pemilihan Umum merupakan sarana untuk mewujudkan asas kedaulatan di tangan rakyat di wilayahnya sehingga akan tercipta suatu hubungan kekuasaan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. hal ini adalah inti dari kehidupan demokrasi. Pemilu serentak secara sederhana sistem pemilu yang melangsungkan beberapa pemilihan pada satu waktu secara bersama. Jenis-jenis pemilihan pemilu mencangkup pemilihan eksekutif dan legislatif di beragam tingkat di negara yang bersangkutan, yang terentang dari tingkat nasional , regional hingga di tingkat lokal.

Acara sosialisasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Bandung Barat tahun 2018 yang dilaksanakan di Ballroom gedung B lanatai 4. Dihadiri oleh Bapa Bupati H. Abubakar, ketua KPU KBB Drs. Iing Nurdin, M.Si., Kepala sekretariat bawaslu Provinsi Jawa Barat Drs. Eliazar Barus, M.Si., Divisi Hukum, SDM & Pendidikan pemilih KPU Kab. Bandung Barat Ai Wildani Sri Aidah, M.MPd., dan dihadiri oleh seluruh SKPD

Peran PEMDA dalam PILKADA yaitu untuk, mengembangkan demokrasi, peningkatan partisipasi, penyediaan sarana sekretariat, dan penyediaan oprasional dalam menjaga netralisasi ASN dalam pilkada. Bupati mengatakan "dalam pilkada tahun 2018 mendatang penyelenggaraan pemilu menegakan hukum pemilu harus dilaksanakan secara cepat, sehingga kepastian hukum terwujud, secara jujur dan adil, dan secara hukum dapat terwujud dalam pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Serentak tahun 2018 mendatang"