Sekretariat KORPRI

struktur organisasi: 
Kepala SKPD: 

VISI Terwujudnya korps pegawai Republik Indonesia yang Demokratis, Mandiri, Netral, Propesional, Akuntable serta mensejahterakan anggota dan keluarganya MISI 1.Meningkatkan eksistensi KORPRI yang kuat, berwibawa dan propesional 2.Meningkatkan kesejahteraan anggota KORPRI dan keluarganya 3.Mewujudkan propesionalisme dan kinerja anggota KORPRI 4.Mewujudkan solidaritas dan soliditas dalam membangun jiwa dan Korps anggota KORPRI 5.Membangun anggota KORPRI yang bertakwa, berbudaya, sehat jasmani dan rohani 6.Mningkatkan citra KORPRI melalui seni, budaya dan olahraga 7.Meningkatkan kesadaran hukum dan disiplin pegawai TUGAS POKOK, FUNGSI DAN RINCIAN TUGAS Bagian Kesatu Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten (1)Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan teknis operasional dan administrasi kepada Dewan Pengurus Korpri Kabupaten dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya serta melakukan pembinaan terhadap seluruh unsur di lingkungan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten. (2)Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat Dewan Pengurus Korpri menyelenggarakan fungsi : a.Penyelenggaraan pengelolaan administrasi umum dan kerjasama; b.Pembinaan penyelenggaraan kegiatan olah raga, seni budaya mental dan rohani; c.Penyelenggaraan kegiatan usaha dan bantuan sosial; d.Pengkoordinasian dan fasilitasi penyelenggaraan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten;dan e.Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretariat Daerah dan Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten sesuai dengan bidang tugasnya. Bagian Kedua Sekretariat (1)Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan teknis operasional dan administrasi kepada Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya serta melakukan pembinaan terhadap seluruh unsur di lingkungan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten. (2) Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi: a.penyelenggaraan pengelolaan administrasi umum dan kerjasama; b.pembinaan penyelenggaraan kegiatan olah raga, seni budaya, mental dan rohani; c.penyelenggaraan kegiatan usaha dan bantuan sosial serta advokasi di bidang hukum; d.pengkoordinasian dan fasilitasi penyelenggaraan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten; dan e.pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Daerah dan Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten sesuai dengan bidang tugasnya. (3)Susunan Organisasi Sekretariat sebagaimana dimaksud pada ayat (1), terdiri atas : a.Sekretaris; b.Subbagian Umum dan Kerjasama; c.Subbagian Olahraga, Seni, Budaya, Mental dan Rohani; dan d.Subbagian Usaha, Bantuan Hukum dan Sosial. Bagian Ketiga Sekretaris (1)Sekretaris mempunyai tugas pokok merumuskan, menetapkan memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat. (2)Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi : a.penyelenggaraan perumusan program Sekretariat; b.penyelenggaraan fasilitasi perumusan program Dewan Pengurus; c.penyelenggaraan fasilitasi dan pemberian pelayanan Dewan Pengurus; dan d.penyelenggaraan pelayanan administrasi, umum dan kerjasama, olahraga, seni, budaya, mental dan rohani, usaha dan bantuan sosial serta advokasi di bidang hukum. (3)Sekretaris mempunyai rincian tugas sebagai berikut : a.menyelenggarakan pengkajian dan perumusan program kerja Sekretariat; b.menyelenggarakan pengelolaan administrasi surat menyurat, pengarsipan, dan dokumentasi; c.menyelenggarakan pengelolaan administrasi ketatausahaan dan umum; d.menyelenggarakan fasilitasi dan pengorganisasian tenaga ahli atau Jabatan Fungsional yang diperlukan; e.menyelenggarakan administrasi umum, kerumahtanggaan dan perjalanan dinas, serta kerjasama dengan pihak lain; f.menyelenggarakan program Dewan Pengurus meliputi kegiatan olahraga, seni, budaya, mental dan rohani dalam menumbuhkembangkan jiwa korsa, perekat dan pemersatu bangsa dan negara, meningkatkan ketaqwaan, kejujuran, keadilan, disiplin serta profesionalisme dalam mewujudkan organisasi KORPRI yang kuat, netral, demokratis, membangun jiwa korps atau korsa Pegawai Republik Indonesia serta mensejahterakan anggota dan keluarganya; g.menyelenggarakan program Dewan Pengurus meliputi usaha dan bantuan sosial serta advokasi di bidang hukum sebagai upaya peningkatan kesejahteraan, memberikan penghargaan bagi anggota, mengayomi, memberikan perlindungan dan bantuan hukum bagi anggota, dalam meningkatkan harkat dan martabat anggota; h.menyelenggarakan perumusan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Sekretariat; i.menyelenggarakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Sekretariat; j.menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan; k.menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan l.menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Bagian Keempat Subbagian Umum dan Kerjasama (1)Subbagian Umum dan Kerjasama mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan ketatausahaan, administrasi kepegawaian, urusan rumah tangga dan perlengkapan, urusan kearsipan dan administrasi keuangan, serta penyusunan bahan penyelenggaraan dan pengembangan kerjasama dengan instansi unsur mitra kerja Dewan Pengurus. (2)Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian Umum dan Kerjasama mempunyai fungsi : a.pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan pelayanan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan; dan b.pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan kerjasama dengan mitra kerja Dewan Pengurus. (3)Subbagian Umum dan Kerjasama mempunyai rincian tugas sebagai berikut : a.melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Umum dan Kerjasama; b.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi Subbagian Umum dan Kerjasama; c.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis Subbagian Umum dan Kerjasama; d.melaksanakan ketatausahaan Sekretariat; e.melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat/naskah dinas dan kearsipan serta pengelolaan perpustakaan; f.melaksanakan penyusunan dan pengendalian administrasi perjalanan dinas pegawai; g.melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat dinas, pengelolaan hubungan masyarakat dan pendokumentasian; h.melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan aset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor; i.melaksanakan penyusunan dan pengolahan data kepegawaian; j.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pembinaan disiplin pegawai; k.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan karir dan mutasi serta pemberhentian pegawai; l.melaksanakan pengusulan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Sekretariat; m.melaksanakan penyiapan dan pengusulan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja dan pemberian penghargaan serta tugas/ijin belajar, diklat kepemimpinan struktural, fungsional dan teknis; n.melaksanakan administrasi keuangan; o.melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan daerah serta pembayaran tunjangan lainnya; p.melaksanakan penyusunan bahan penyelenggaraan kerjasama dengan Dewan Pengurus, Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Jawa Barat, instansi dan pihak terkait lainnya; q.melaksanakan penyusunan bahan pengembangan kerjasama guna meningkatkan kesejahteraan dan mempererat persatuan sesama anggota dalam meningkatkan profesionalitas; r.melaksanakan evaluasi kerjasama dengan unsur mitra kerja Dewan Pengurus. s.melaksanakan fasilitasi peningkatan peranserta anggota KORPRI melalui kerjasama; t.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LPPD, LKPJ kantor; u.melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional; v.melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan; w.melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; x.melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelapo