Potensi Pertanian Perkebunan dan Peternakan

PENGEMBANGAN POTENSI PERKEBUNAN
Berdasarkan data Rekapitulasi, komoditas perkebunan yang memberikan paling banyak kontribusi produksi di 15 kecamatan Kabupaten Bandung Barat, yaitu :

1. Teh sebanyak 91555.9 ton, yang berlokasi di Cikalong Wetan, Cisarua,Sindangkerta, (teh rakyat) kemitraan dengan PTPN XIII dengan PBS.

2. Kelapa sebanyak 1065.9 ton, yang berlokasi di Kecamatan Sindangkerta,Gununghalu, Rongga, Cipongkor dan Cikalong Wetan.

3. Karet sebanyak 2068 ton, yang berlokasi di Kecamatan Cipeundeuy dan Cipatat,

4. Kopi sebanyak 510,56 ton, yang berlokasi di Kecamatan Gununghalu, Sindangkerta Cililin, Cipongkor dan Cikalongwetan

5. Cacao, yang berlokasi di Kecamatan Cipongkor, Cipatat dan Cipeundeuy,

6. Aren yang berlokasi di Kecamatan Sindangkerta, Gununghalu, Rongga, Cipongkor dan Cikalongwetan

7. Cengkeh di Kecamatan Cikalongwetan, Cisarua dan Ngamprah

PENGEMBANGAN POTENSI PERTANIAN

Kabupaten Bandung Barat mempunyai potensi beberapa komoditas unggulan komparatif maupun kompotitif dibidang pertanian holtikultura, yaitu sayuran, buah-buahan,yang terdiri dari alpukat, jambu biji,pisang, dan bunga yang terdiri krisan, gladiola dan anggrek. Sebaran komunitas tersebut terletak disebelah utara Kabupaten Bandung Barat yaitu di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua. Seiring dengan pertumbuhan permintaan pasar domestik terhadap bunga dan daun potong sebesar 15 % , tahun 2010 dilokasi tersebut dibuat KawasanBunga dan Daun Potong (KABUDAPO) untuk memenuhi konsumen Florist, WO, perangkaidan hotel Sebesar 70 % produksi dari KABUDAPO ini masuk pasar Rawa Belong.selain komoditas tersebut juga komoditas yang cukup strategis untuk dikembangkan disebelah selatan Kabupaten Bandung Barat yaitu padi sawah, jagung dan kacang-kacangan. Luas lahan pertanian di Kabupaten Bandung Barat terdiri dari lahan basah (sawah dan kolam) seluas 12.168 Ha, lahan darat seluas 118.409 Ha, wilayah Kecamatan yang memiliki luas tanam paling banyak yaitu Kecamatan Gunung Halu seluas 3.804 Ha, selanjutnya Kecamatan Cipatat, Sindangkerta, Rongga dan Cihampelas.