Kecamatan saguling

struktur organisasi: 
Kepala SKPD: 

VISI & MISI
Kecamatan Saguling
"Bersatu Untuk Maju Melalui Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat "

SEJARAH KEC.SAGULING :

Kecamatan Saguling awalnya merupakan bagian dari Kecamatan Batujajar yang memiliki 16 desa namun karena akses menuju kantor camat Batujajar sangat sulit diakses oleh warga Saguling yang jaraknya cukup jauh akhirnya dimekarkanlah wilayah Saguling dari Kecamatan Batujajar.

Kecamatan saguling menjadi kecamatan ke-16 di Kabupaten Bandung Barat setelah diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bandung Barat, Abubakar, di Desa Cipangeran.

Pembagian desa di Kecamatan Saguling dan Batujajar hampir sama, 6 desa untuk Kecamatan Saguling dan 7 desa untuk Kecamatan Batujajar. Ke 6 desa di Kecamatan Saguling tersebut yakni Desa Cipangeran (Ibukota kecamatan), Desa Jati, Desa Cikande, Desa Bojongheulang, Desa Saguling, dan Desa Girimukti.

Batas-batas wilayah administrasi untuk Kecamatan Saguling meliputi bagian utara Kecamatan Saguling berbatasan dengan Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Cipatat, bagian timur berbatasan langsung dengan Waduk Saguling, bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipongkor, dan bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Batujajar.

Setelah empat tahun mengontrak, Kecamatan Saguling akhirnya memiliki bangunan permanen sebagai kantor. Pembangunan kantor kecamatan yang dilakukan selama dua tahun dengan biaya sekitar Rp 3 miliar itu tuntas pada akhir 2015.

Kantor Kecamatan Saguling berada di wilayah Desa Cipangeran. Sejak menjadi kecamatan baru pada Oktober 2011, menempati Kantor Desa Cipangeran sebagai kantor kecamatan.

Kantor Kecamatan Saguling sekarang sudah lebih representatif dibandingkan ketika menempati Kantor Desa Cipangeran. Jalan untuk akses ke kantor kecamatan pun sedang dalam pengerjaan.

Berdiri di lahan seluas 3,5 hektare, bangunan kantor memiliki luas 600 meter persegi. Kantor kecamatan yang baru dilengkapi dengan fasilitas ruang paten, ruang kepala seksi, ruang rapat, dan termasuk ruangan kasubag.

Bangunan tersebut mulai dibangun pada 2014,dan awal januari 2016 sudah di tempati dengan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar. Pembangunan dilanjutkan pada 2015 dengan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bandung Barat.

TUFOKSI PERANGKAT PEMERINTAH KECAMATAN

Dalam melaksanakan Tugas pokok dan fungsinya Camat dan perangkatnya di atur dalam Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 27 Tahun 2010 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Kecamatan.
a. Camat adalah Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat
Camat mempunyai tugas pokok adalah menyelenggarakan pengkajian, perumusan dan penetapan kebijakan teknis, perencanaan dan penyusunan program, pengendalian pelaksanaan dan pengkoordinasian kebijakan teknis serta pembinaan administrasi dan dibidang Kecamatan
b. Sekretaris Kecamatan
Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja bahan bimbingan teknis dan pengendalian administrasi teknis dibidang kesekretariatan.
Sesuai dengan Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 27 Tahun 2010 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Kecamatan. Pada pasal 4 ayat 2 dan 3 sekretariat mempunyai fungsi dan tugas :
1. Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
2. Pengkajian bahan rencana program kerja dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
3. Pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ; dan
4. Pengendalian administrasi dan teknis dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum ;
5. Melaksanakan pengendalian administrasi keuangan, pengkajian rumusan kebijakan anggaran, administrasi kepegawaian, ketatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan
6. Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaa naskah dinas dan kearsipan, perumusan rencana strategis LAKIP.
Dalam melaksanakan tugas dibantu oleh :
a. Subbagian Penyusunan Program ;
b. Subbagian Keuangan dan ;
c. Subbagian Kepegawaian dan Umum

c. Kepala Seksi adalah Seksi sebagaimana tergambar dalam bagan struktur organisasi Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

1. Tugas Kepala Seksi Tata Pemerintahan adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja di bidang pemerintahan
2) Melaksanakan penyusunan dan analisis bahan koordinasi dan sinkronisasi perencaan dengan SKPD, pembinaan dan pengawasan administrasi desa, perangkat desa dan kepala Desa, bimbingan , survesi, fasilitasi dan konsultasi administrasi Desa
3) Pelayanan Publik terhadap masyarakat, evaluasi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang tata pemerintahan.
4) Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi administasi kepndudukan, casip dan pertanahan dan penyusunan produk hukum desa.

2. Tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat adalah ;
1) Penyusunan dan analisis rencana program kerja, data bahan koordinasi, data bahan perumusan dan kebijakan di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan desa.
2) Penyusunan Peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di desa dan kecamatan
3) Melaksanakan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di bidang pemberdayaan dan desa ;

3. Tugas Kepala Seksi Pengendalian Ketentraman & Ketertiban adalah ;
1) Melakasanakan penyusunan rencana program kerja, analisi data bahan koordinasi, perumusan kebijakan dibidang ketentraman dan ketertiban umum;
2) Melaksanakan koordinasi dengan POLRI atau TNI mengenai program penyelenggaran ketentraman dan ketertiban umum, pembinaan SAT.POL.PP ,LINMAS dan pembinaa kerukunan hidup antar umat beragama.
3) Penegakan PERDA, PERBUP, KEPBUP dan PP serta pengawasan dibidang Kantibum, Pembinaan pemerintah desa dan pemeliharaan kantibum.
4) Melaksanakan penyusunan dan analisi data pembinaan partisipasi masyarakat dalam pemelihraan Kantibum secara swadaya (pamswakarsa), perumusan langkang-langkah antispasi terhadap gangguan Kantibum.

4. Tugas Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana Umum adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja, analisis bahan data koordinasi, perumusan kebijakan, pengawasan dan pembinaan di bidang pembangunan dan pemeliharaan sarana umum.

5. Tugas Kepala Seksi Ekonomi dan Pengembangan Potensi Pendapatan Daerah adalah ;
1) Melaksanakan penyusunan rencana program kerja, analisis bahan data koordinasi, perumusan kebijakan, pengawasan dan pembinaan di bidang ekonomi dan pendapatan potensi daerah.
2) Melaksanakan Penyusunan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana Umum (MUSRENBANG) Tahunan Kecamatan.

Foto Kegiatan: