Dinas Pendidikan

struktur organisasi: 
Kepala SKPD: 
  1. Visi dan Misi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat

Visi adalah haluan atau cara pandang jauh ke depan atau suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan, dengan demikian visi merupakan gambaran atau kondisi yang ingin dicapai, menjadi perekat dan menyatukan berbagai gagasan strategis, memiliki orientasi masa depan, menumbuhkan komitmen bersama seluruh masyarakat, dan menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi dalam rangka memberi keyakinan bahwa suatu perkembangan atau perubahan akan terjadi.

Sejalan dengan diberlakukannya Otonomi Daerah dan undang-undang mengenai sistem perencanaan, maka visi dan misi setiap SKPD harus disesuaikan dengan visi dan misi pemerintah daerahnya, sehingga dengan sendirinya ketercapaian visi dan misi dari SKPD tertentu merupakan salah satu gambaran ketercapaian dari visi dan misi Pemerintah Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mendukung ketercapaian visi Bupati Bandung Barat yang difokuskan kepada misi 1 dan 2 diselaraskan dengan visi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat serta dengan tetap mempertimbangkan sekaligus memperhatikan kondisi layanan dan isu strategis pelayanan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat menetapkan visi sebagaimana berikut:

Visi:

”Mewujudkan masyarakat Kabupaten bandung barat yang cerdas melalui pendidikan yang berkualitas dan terjangkau”.

Dari visi tersebut terkandung makna dan maksud sebagai berikut:

“CERDAS”

Merupakan salah satu komponen dari visi Bupati Bandung Barat yaitu bagian dari “CERMAT”. Mengandung pengertian bahwa Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat mempunyai keinginan untuk mendukung tercapaikan visi Bupati yaitu dengan menciptakan masyarakat Bandung Barat yang cerdas. Hal ini berarti bahwa melalui pendidikan yang berkualitas dan terjangkau Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ingin menciptakan masyarakat Bandung Barat yang berkualitas, memiliki kompetensi yang tinggi, terampil, menguasai informasi, produktif, mandiri, dinamis, kreatif dan inovatif, jujur, beretika dan mempunyai integritas serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Pendidikan yang berkualitas

Mengandung pengertian bahwa Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat mempunyai keinginan untuk menciptakan system dan mekanisme pelayanan pendidikan yang mampu meningkatkan derajat pendidikan masyarakat Bandung Barat melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif melalui peningkatan akses dan pemerataan, mutu dan relvansi pendidikan. Sehingga mampu menciptakan SDM yang memiliki kompetensi yang cakap, mampu dan cekatan di dalam menyelesaikan tugas, pekerjaannya dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

Pendidikan yang terjangkau

Mengandung pengertian bahwa Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat mempunyai keinginan untuk menyediakan layanan pendidikan baik mutu maupun sarana prasarana pendidikan yang berkualitas serta dapat dengan mudah dan murah diakses oleh masyarakat luas agar masyarakat Bandung Barat menjadi lebih produktif serta berdaya saing untuk mencapai kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera

Untuk mewujudkan visi tersebut dan seiring dengan perkembangan kewenangan atau tugas pokok dan fungsi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat telah menetapkan misi sebagai berikut:

 

Misi:

1. Meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan melalui rintisan wajar 12 tahun

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat akan berupaya untuk terus menyediakan layanan pendidikan yang secara berkesinambungan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga seluruh anak usia sekolah dapat bersekolah dengan layak tidak hanya dalam konteks penuntasan wajar 9 tahun tetapi sudah merintis untuk menyelesaikan wajar 12 tahun.

2. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat akan terus berupaya mewujudkan pelayanan pendidikan yang prima selalu berinovasi, kreatif dan memenuhi tuntutan pembangunan sehingga mampu menciptakan SDM yang lebih produktif dan berdaya saing.

3. Meningkatkan manajemen dan tata layanan/kelola pendidikan

Setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat senantiasa mengacu kepada prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi manajemen dan memanfaatkan unsur-unsur manajemen secara efektif dan efisien serta senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip good governance yang terdiri dari transparansi, partisipasi, akuntabel dan responsif secara konsisten dan berkelanjutan.

4. Meningkatkan kualitas pemuda dan prestasi olahraga

Pembangunan pendidikan tidak lepas dari pembangunan pemuda sebagai generasi dan tulang punggung bangsa. Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat akan terus berupaya membangun mental dan spiritual pemuda agar menjadi lebih kreatif dan mandiri serta mampu bersaing di berbagai even. Selain itu, Dinas Pemuda dan Olahraga pun akan terus meningkatkan prestasi olahraga di berbagai even perlombaan cabang olahraga baik tingkat regional maupun nasional bahkan internasional.

Foto Kegiatan: