Pemerintahan

Tumbuhkan Minat Baca Dengan Ciptakan Inovasi Perpustakaan

Tumbuhkan Minat Baca Dengan Ciptakan Inovasi Perpustakaan

13 Agustus 2018

NGAMPRAH - Untuk mendirikan sebuah perpustakaan ditempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat memang dinilai cukup sulit, karena kerap berbenturan dengan kepentingan bisnis yang pebih mementingkan profit dengan alasan pemasukan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal perpustakaan merupakan gudangnya ilmu pengetahuan yang bisa terwujud dengan menumbuhkan minat baca.

Berkenaan dengan hal tersebut, Pj. Bupati Bandung Barat, H. Dadang Mohamad meminta dinas terkait untung berinovasi menciptakan perpustakaan yang menarik dengan lokasi yang strategis, sehingga mudah untuk dijangkau serta bisa menumbuhkan minat baca masyarakat.

"Kenapa tidak kita coba bekerjasama dengan PT. KAI? Di Stasiun Purwakarta banyak gerbong kereta yang sudah tidak terpakai dibiarkan ditumpuk begitu saja. Kenapa tidak kita coba memanfaatkan gerbong-gerbong tersebut menjadi perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan? Sehingga masyarakat tertarik untuk mengunjunginya," ujar Dadang ketika menghadiri acara Penyerahan buku kepada perpustakaan komunitas di Kab. Bandung Barat dari Ikatan Purna Bhakti Perpustakaan Nasional Indonesia di Gedung Perpustakaan Kab. Bandung Barat, Senin (13/8) kemarin.

Menurutnya, menumbuhkan minat baca masyarakat merupakan tugas kita bersama. Pasalnya berbagai ilmu bisa didapat dan lahirnya orang-orang sukses dimulai dari membaca.

Jika anggaran menjadi permasalahan, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat bisa jadi salah satu solusi. Sementara Pemerintah Daerah tinggal memfasilitasi pengadaan lahannya saja.

"Jika melihat kondisi saat ini, bantuan dari Provinsi dan Pusat tinggal dikondisikan. Dan lahannya sudah ada dipinggir jalan utama Pemda yang merupakan lahan aset Pemda," terangnya.



(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id