Pemerintahan

Tata Serius Curug Malela, Dadang Takjub Dengan Keindahannya

Tata Serius Curug Malela, Dadang Takjub Dengan Keindahannya

10 Agustus 2018

RONGGA - Untuk sedikit me-refresh kepenatan akibat beban kerja yang cukup berat selaku salah satu pejabat tinggi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Penjabat Bupati Bandung Barat, Jumat (10/11).

H. Dadang Mohamad ditemani beberapa pejabat dari jajaran Pemerintah Kab. Bandung Barat menjajal track menuju Curug Malela dengan menggowes sepeda kesayangannya.

Disamping untuk melepas sedikit beban dengan menjalankan hobi bersepedanya, tujuan Dadang mendatangi curug yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit KBB ini adalah untuk melihat sejauh mana kondisi Curug Malela saat ini sehingga bisa didapatkan strategi dan perencanaan untuk penataannya dimasa yang akan datang.

Meskipun sudah tidak muda lagi, Dadang tetap semangat menuruni jalan setapak yang sangat curam menuju curug yang juga dikenal sebagai "Niagara" KBB ini. Sesampainya dibawah curug, Ia mengaku terkesima dengan keindahan dan potensi yang dimiliki Curug Malela dan dinilai pantas untuk beraaing dengan destinasi wisata serupa yang berada diluar negeri.

"Ini merupakan kali pertama saya datang langsung ke Curug Malela. Dan ternyata rasa lelah yang saya rasakan selama menuruni jalan setapak yang sangat curam tadi sudah terbayarkan dengan keindahan dan segarnya air curug ini," serunya dengan nada takjub.

Setelah melihat langsung kondisi dan suasana disekitar curug, Ia mendapati potensi yang sangat luar biasa. Hanya saja dibutuhkan penataan infrastruktur yang sangat seriusmenuju kawasan curug.

Ia menjelaskan, suasana Curug Malela tidak kalah dengan salah satu air terjun di Cina yang pernah dikunjunginya beberapa tahun lalu.

"Salah satu kelebihan air terjun di Cina yang pernah saya kunjungi adalah pada penataan infrastrukturnya, sehingga pengunjung dibuat nyaman dan dimanjakan dalam menikmati suasana dan pemandangan air terjun," tuturnya.

Memang tidaklah kudah untuk melakukan penataan pada obyek wisata seperti Curug Malela, karena selain dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit juga diperlukan adanya koordinasi lintas sektoral ditingkat kabupaten dan bantuan dari Pemerintah Provinsi hingga Pusat agar potensinya bisa menggema lebih jauh hingga tingkat internasional.

"Meskipun tidak sedikit pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan biaya untuk penataan Curug Malela, tapi saya rasa semuanya akan setimpal dengan peningkatan perekonomian masyarakat dan dunia investasi di Kec. Rongga khususnya dan Kab. Bandung Barat pada umumnya," terangnya.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id