UMKM

Sosialisasi UMKM Go Online di Kabupaten Bandung Barat

Sosialisasi UMKM Go Online di Kabupaten Bandung Barat

08 November 2017

PARONGPONG - Pada acara fasilitasi dan edukasi UMKM Go Online yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bandung Barat Abubakar, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementrian Kominfo RI Septriana Tangkary, SE.MM, Para Pejabat dilingkungan Pemda Bandung Barat, Relawan TIK, penggiat UMKM se-Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan di Hotel Cherish Parongpong, Rabu (8/11).

Pelaksanaan program pengembangan Kabupaten Bandung Barat menjadi kawasan industri kreatif, sebagai solusi masalah keterbatasan sumber daya alam dan pengembangan sumber daya manusia untuk kemajuan perekonomian. UMKM merupakan bagian dari unit usaha besar di Indonesia dengan jumlah diperkirakan mencapai 59,26 juta unit, yang menyerap tenaga kerja lebih dari 123,2 juta orang, ini berarti lebih dari 96,71 persen tenaga kerja merupakan kontribusi UMKM didalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Selama 10 tahun perjalannnya sebagai Kabupaten Otonom, data statistik menunjukan, bahwa secara Makro pembangunan di Kabupaten Bandung Barat menunjukan trend yang meningkat, tetapi masih terjadi ketidakmerataan pendapatan per kapita sehingga Indeks gini (tentang ketimpangan kesejahteraan masyarakat) di Kabupaten Bandung Barat masih relatif tinggi.

Bandung Barat sebagai Kabupaten yang memiliki sumber daya alam melimpah, harus terus berupaya meningkatkan kualitas SDM yang mendukung sektor ekonomi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sebagaimana diketahui bersama, saat ini kita juga telah memasuki Era Digital Economic. Data yang dirilis oleh asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia, tahun 2016 menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia. Hal ini tentunya merupakan peluang bagi para pelaku bisnis, khususnya KUKM untuk memasarkan barang dan jasa melalui internet,

Lebih lanjut, berdasarkan data BPS yang diolah dari total pelaku bisnis tersebut, tercatat 3,79 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan teknologi digital atau bisnis e-commerce, yang memanfaatkan platform market place utama di tanah air, seperti Blanja.com, Blili.com, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Tentunya pembinaan para pelaku usaha baru, melalui pembinaan UMKM di Kabupaten Bandung Barat terus dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta DEKRANASDA Kabupaten Bandung Barat.



(KOMINFO KBB)


Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id