Berita

Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat

Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat

07 Agustus 2018

PADALARANG - Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka penurunan Prevalensi Stunting, yang dihadiri Direktur Kemitraan Komunikasi Dedet Surya Nandika, Menko PMK Media Octarina, Kepala Bidang BAPPEDA Drs.H Kamal Mustopa S.pd.MM.Pd, Sekdis Diskominfo Kab. Bandung Barat Akhmad Panji Hernawan, S.H., M.Si. beserta jajarannya, Camat, Kades, PKK, dan Rakom Kab. Bandung Barat yang diselenggarakan di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan. Stunting sangat darurat dan harus segera dicegah oleh semua kalangan, Bandung Barat masih ada anak yang terkena stunting (kerdil) tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan usianya, 9000 anak di Indonesia terkena stunting, sehingga Pemerintah Pusat mengupayakan dengan mensosialisasikan tentang Stunting. Selasa (07/08).

Kegiatan tersebut diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kab. Bandung Barat sebagai fasilitator untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Untuk menurunkan prevalensi stunting dengan beberapa upaya antara lain pola hidup bersih, lingkungan yang bersih. Bandung barat mempunyai program “rembuk aksi percepatan penurunan stunting yang harus didukung oleh semua SKPD untuk mewujudkan program penurunan stunting”, di10 desa prioritas penanganan stunting ke Kabupaten Bandung Barat antara lain: Ciptagumati Kec. Cikalong Wetan, Jatimekar Kec. Cipendeuy, Cimerang, Ciburuy Kec. Padalarang, Cipatik, Pataruman, Tanjungwangi Kec. Cihampelas, Sindangkerta Kec. Sindangkerta, Saguling Kec.Saguling.

Analisis permasalahan stunting Kab. Bandung barat IDM (Inisiasi Menyusui Dini) masih rendah, ASI eksklusif, rendah sanitasi, rendah bumil, anemia pada remaja, tidak tersedia tenaga gizi desa, rumah tidak layak huni, aksesibilitas, konsumsi pangan belum beragam, pola konsumsi pangan.

"Permasalahan yang timbul saat ini akibat perilaku hidup yang tidak sehat ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut sebenarnya bisa di cegah bila kita bisa fokus melakukan upaya kesehata prevetif dan promotif dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat" ujar Akhmad Panji Hernawan.

"Maka dari itu Pemerintah Kab. Bandung Barat 5 tahun kedepan untuk mewujudkan masyarakat sehat dengan perilaku hidup sehat dan bersih" ungkapkan Drs.H Kamal Mustopa.



(KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id