Berita

Sebanyak 43 Siswa SMP dan MTs di Kab. Bandung Barat Siap Ikuti UN Susulan

Sebanyak 43 Siswa SMP dan MTs di Kab. Bandung Barat Siap Ikuti UN Susulan

20 Mei 2017

NGAMPRAH-DISDIK-Sebanyak 43 siswa dari 22 satuan pendidikan jenjang SMP dan MTs di Kabupaten Bandung Barat siap mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Susulan. Mereka akan mengikuti UN Susulan mulai Senin s.d. Selasa, 22 s.d. 23 Mei 2017 dengan lokasi pelaksanaan di 3 tempat. Siswa sebanyak itu akan mengikuti UN Susulan pada 4 mata pelajaran, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Dari 43 siswa tersebut, 41 siswa akan mengikuti susulan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan 2 orang akan mengikuti susulan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Berdasarkan data laporan dari tiap satuan pendidikan penyelenggara UN, siswa yang ikut UNKP susulan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 31 orang, pada mata pelajaran Matematika sebanyak 22 orang, pada mata pelajaran Bahasa Innggris sebanyak 24 orang, dan pada mata pelajaran IPA sebanyak 22 orang. Mengacu pada POS Ujian Nasional, jadwal UN Susulan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika pada hari Senin, 22 Mei 2017 sedangkan mata pelajaran Bahasa Inggris dan IPA pada hari Rabu, 23 Mei 2017. Pelaksanaan UNKP Susulan di Kabupaten Bandung Barat dikonsentrasikan pada satu lokasi, yaitu SMP Krida Utama, Padalarang.

Demikian pula dengan 2 siswa yang akan mengkuti UNBK Susulan, mereka akan mengikutinya sama dengan jadwal UNKP Susulan. Namun, lokasi UNBK Susulan dilaksanakan pada dua lokasi, yaitu SMP Cahaya Bangsa Classical School dan SMP Nurul Fikri Boarding School.

Saat dimintai penjelasannya terkait dengan pelaksanaan UN Susulan, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Imam Santoso M.R. mengungkapkan bahwa hampir 100% semua sudah siap melaksanakan Ujian Nasional Susulan, baik peserta, lokasi, dan perangkat lainnya. Sejak jauh-jauh hari sebelumnya, para kepala SMP dan MTs sudah diberi informasi terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional Susulan ini. Begitu juga dengan persiapan di SMP Krida Utama yang menjadi tempat pelaksanaan UNKP Susulan dan SMP Cahaya Bangsa Classical School serta SMP Nurul Fikri Boarding School yang menjadi lokasi UNBK Susulan, semua sudah disiapkan dengan matang, sehingga pada saat pelaksanaannya, diharapkan tidak aka ada kendala yang berarti.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa siswa yang berhak mengikuti Ujian Nasional Susulan adalah mereka yang pada pelaksanaan Ujian Nasional Utama berhalangan disebabkan sakit. Siswa yang demikianlah yang menjadi peserta pada pelaksanaan ujian ini. Ujian Nasional Susulan ini memiliki derajat yang sama dengan Ujian Nasional Utama. Karena itu, semua pihak, yaitu panitia, pengawas, dan peserta harus tetap mengikuti posedur seperti yang tertuang dalam POS Ujian Nasional.

“Pelaksanaan Ujian Nasional Susulan memiliki derajat yang sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional Utama. Karena itu, dalam pelaksnaannya semua pihak harus tetap mengacu pada prosedur yang ditetapkan dalam POS Ujian Nasional,” tutur Imam Santoso saat diminta harapannya terkait dengan pelaksanaan UN Susulan ini.

Di lain pihak, Kepala Bidang Pendidikan SMP, Juhro mengungkapkan bahwa sampai Sabtu siang semua persiapan sudah hampir rampung. Walau ada satu lokasi UNBK yang sistemnya belum sinkron dengan Puspendik. Namun, pada Sabtu sore sistem di SMP Cahaya Bangsa Classical School baru bisa sinkron dengan Puspendik.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak, segala persiapan pelaksanaan UN Susulan sudah dapat disiapkan, termasuk juga sinkronisasi sistem pada sekolah penyelenggara UNBK,” papar Juhro saat ditanya perihal beberapa kendala yang dihadapi menjelang pelaksnaannya.—DasARSS.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id