Pertanian

Ribuan Petani Meriahkan HUT Tani ke-57

Ribuan Petani Meriahkan HUT Tani ke-57

08 October 2017

CISARUA - Ribuan petani di Kabupaten Bansung Barat (KBB) tumpah ruah mengikuti gerak jalan Kebangsaan dalam rangkaian Hari Tani Nasional ke-57 yang digelar di Halaman Kafe Babakan Cinta Pasir Halang Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Minggu (8/10).

Kegiatan gerak jalan yang diselenggarakan oleh Gerakan Tani dan Nelayan (GANTI) Jawa Barat ini, membemberikan hadiah utama berupa door prize umroh, sepeda motor, sepeda gunung, dan hadiah menarik lainnya. Selain itu diberikan juga beasiswa untuk 50 anak petani di Kabupaten Bandung Barat dan pemberian 1000 pupuk serta 1000 bibit pohon oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Bahkan gubernur pun menambah 6 hadiah sepeda gunung bagi peserta gerak jalan.

Pada kegiatan itu, dihadiri oleh para petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), diantaranya Ketua Umum Ganti Prof. Dr. Ir. Rokhmin Damuri, MS yang juga Ketua DPP Bidang Kemaritiman, Wakil Ketua Bidang Pertanian DPD PDIP Jabar, Samsul Bahri, Ketua DPC PDIP Kab.Bandung Barat Abubakar bersama Istri Elin Suharlian Abubakar, Ketua GANTI Jabar Pamriadi bersama Istri Tuti Turimayanti yang juga Sekretaris DPC PDIP Kab. Bandung Barat, dan sejumlah anggota DPRD Kab. Bandung Barat Fraksi PDIP Iwan Ridwan, Ida Widianingsih dan Deni Setiawan.

Selain itu, tampak hadir pula anggota DPRD Kab. Bandung Barat dari Fraksi PPP M Dartiwa juga Istri Gubernur Jawa Barat Dr.Hj. Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si juga para ketua sayap partai PDIP, GMNI, BMI, Repdem dan Bamusi.

Ketua Pelaksana Gerak Jalan Hari Tani Nasional ke-57, Pamriadi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memerihkan Hari Tani Nasional. Selain itu, juga memberikan hiburan dan membahagiakan bagi para petani yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Bandung Barat.

“Ingin membantu petani dan anak petani, minimal mereka bisa dibantu pembibitan dan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani, karena petani benteng pertahanan dalam ketahahan negeri,” sebutnya Pamriadi yang juga bakal calon Bupati Bandung Barat dari PDIP ini.

Dia menambahkan berbagai bantuan untuk para petani ini dibutuhkan untuk meringankan beban mereka dalam menghadapi cuaca ekstrem seperti saat ini. Soalnya, cuaca tak menentu banyak menyebabkan petani gagal tanam ataupun gagal panen.

“Sejauh ini perhatian Pemkab kepada para petani sudah cukup baik. Untuk mendukung kesejahteraan petani, Ganti juga ikut andil dalam memberikan berbagai pembinaan, pelatihan, dan bantuan pertanian,” ungkap alumnus Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini.

Dia berpandangan, keberpihakan pemerintah, baik di daerah maupun di pusat untuk petani cukup baik. Ini dibuktikan dengan pemberian bantuan usaha kredit ringan untuk para petani serta program sertifikasi tanah garapan para petani.

“Pemerintah daerah keberpihakan para petani adalah dengan program sertifikasi gratis untuk para petani yang dilakukan gubernur di wilayah selatan Jawa Barat,” ungkapnya seraya menyebut Ganti Jabar akan terus mengawal program pemerintah terhadap kesejehateraan para para petani.

Lebih lanjut Pamriadi menegaskan bahwa Ganti Jabar akan memaksimalkan peran dan tugasnya menjadi fasilitator nelayan dan tani Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Hal itu untuk mewujudkan kemandirian masyarakat perikanan dan pertanian dengan memperjuangkan hidup layak, makmur, dan bermartabat.

“Sekaligus juga untuk meningkatkan daya saing petani dan nelayan,” pungkasnya. (sep/tra).


(Sumber; pasundan ekspres)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id