Kesehatan & Olahraga

Ratusan Hewan Peliharaan di Bandung Divaksin Rabies Gratis

Ratusan Hewan Peliharaan di Bandung Divaksin Rabies Gratis

07 Oktober 2018

NGAMPRAH - Ratusan kucing dan anjing di Kabupaten Bandung disuntik rabies gratis. Vaksin rabies gratis ini diberikan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dalam rangka memperingati World Rabies Day 2018.

Vaksinasi rabies gratis ini diselenggarakan di Pasar Hewan Kabupaten Bandung, Jalan Anyar Kecamatan Majalaya. Rata-rata yang diberi vaksin rabies ini kucing dan anjing.

Sebelum diberikan vaksin rabies kucing dan anjing milik warga diperiksa kesehatanhya terlebih dahulu. Baik kucing ataupun anjing, bila usianya belum empat bulan tidak diberikan vaksin. Begitupun bila kondisi hewan tersebut sedang sakit tidak dapat divaksin terlebih dahulu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umbaran mengatakan lebih dari 100 kucing dan anjing disuntik rabies. "Hari ini yang sudah divaksin lebih dari 100 kucing dan anjing. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Rabies Day 2018," kata Tisna usai membuka acara, Minggu (7/10/2018).



Tisna menuturkan antusiasme masyarakat yang mealukan vaksin sangat tinggi. Hal tersebut dilihat, dari antrean masyarakat yang memenuhi dua stand pemeriksaan.



"Antusiasmenya bagus sekali, dari pagi sampai siang banyak warga membawa hewan peliharaannya untuk diberi vaksin," tuturnya.



Menurutnya dari bulan April hingga September 2018, 5.081 lebih hewan di antaranya kucing, anjing, musang dan kera peliharaan warga disuntik rabies.



Ia menjelaskan daerah-daerah endemis dan rawan penyebaran virus rabies disisir petugas Dinas Pertanian Kabupaten Bandung untuk dilakukan vaksinasi. Tahun 2018 ini, Kabupaten Bandung bebas rabies.



"Enggak ada sampai 2018 ini, kemarin yang tahun 2017 ada satu kasus di kucing. Kuncinya di vaksin, semakin banyak yang di vaksin, persentasenya menurun.



Tisna mengimbau warga Kabupaten Bandung yang ingin memvaksin hewan peliharaannya, bisa datang ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Soreang dan Puskesmas Hewan Kabupaten Bandung, Majalaya.



"Kalau ada hewan yang paling keliatan air liurnya berlebihan, ekornya nekuk ke dalem dan beringas harus diwaspadai dan segera di laporkan," ujar Tisna.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id