Pemerintahan

RASTRA dan Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) tahun 2018

RASTRA dan Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) tahun 2018

23 Januari 2018

LEMBANG - Asisten II Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Bandung Barat Drs Asep Ilyas,Msi membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (RASTRA) dan Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) tahun 2018, sekaligus memberikan beras secara simbolis kepada perwakilan peserta Keluarga Penerima Manfaat yang di laksanakan di hotel panorama-Lembang (selasa,23/01/2018).

Menurut Asep masyarakat PRA sejahtera masih menjadi fokus pemerintah daerah,pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bandung Barat peduli Dan meluncurkan program untuk membantu masyarakat PRA sejahtera melalui pendistribusian RASTRA (Beras Sejahtera)

berkualitas medium sejumlah 10kg/bulan tanpa di kenakan biaya tebus,yang harus diterima lqngsung oleh masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM),ucapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pendistribusian RASTRA merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan tentang bantuan Dan perlindungan sosial yang bersinergi dengan program pelayanan kesehatan Dan pendidikan.

"Mudah-mudahan dengan adanya program tersebut bisa mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan di kalangan masyarakat Kabupaten Bandung Barat",lanjut Asep

Asep juga mengatakan program beras sejah tera selanjutnya akan bertansformasi menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),yang merupakan program bantuan sosial yang do salurkan dalam bentuk non tunai Dari pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp.110.000,-/bulan melalui mekanisme uang elektronik.

Bantuan uang tersebut hanya bisa di pergunakan untuk membeli bahan pangan,beras Dan yang lainnya di pedagang bahan pangan atau di sebut e-warong yang bekerja sama dengan bank penyalur,paparnya.

Di tempat yang sama Asep juga menghimbau kepada Kepala Desa untuk ikut serta mensukseskan program tersebut dan menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sebelum menutup sambutannya Asep mengajak kepada stakeholder dan seluruh komponen masyarakat agar dapat mensukseskan program tersebut dan harus bersinergi mewujudkan di bawah visi yang sama untuk mewujudkan masyarakat Bandung Barat yang cerdas,rasional,maju,agamis,dan sehat sebagai dari cita-cita membangun masyarakat Indonesia yang semakin inklusif dan sejahtera,pungkasnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Sosial Drs Heri kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan harmonisasi,sinergi dan membangun kesepahaman yang sama atara stakeholder yang terlibat dengan tim koordinasi bantuan,pihak kecamatan dan pemerintahan desa dalam pelaksanaan Bantuan Sosial Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2018.

"Mudah-mudahan dengan kerjasama antara Dinas dan stakeholder yang terkait program yang akan di laksanakan bisa dipetanggungjawabkan dan bisa di capai hasil yang efektif dan efisien",ucapnya.



(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id