Pertanian

Petani dan Penjual Sayuran Dilatih PNM, Membuat Dodol Kaboca, Bolu, Manisan Terong

Petani dan Penjual Sayuran Dilatih PNM, Membuat Dodol Kaboca, Bolu, Manisan Terong

10 September 2018

LEMBANG - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar kegiatan bertemakan “Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Aneka Sayuran” yang diikuti nasabah binaan dari produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), di P4S Mekar Tani Jaya, Desa Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (5/9/2018). Pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan wirausaha usaha kecil dan menengah (UMK) baru dalam dunia kuliner.

Dalam rilisnya yang diterima Tribun, Kamis (6/9/2018), PNM melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah binaan, salah satunya melalui kegiatan pelatihan. Pada pelatihan ini, para peserta yang berlatar belakang petani dan penjual sayuran dilatih mengolah dan menghasilkan beragam makanan yang berbahan dasar sayuran, seperti Dodol Kaboca, Bolu Horenzo, Bolu Cake Wortel, Pancake Brocoli dan Manisan Terong ungu.

Pelatihan ini akan memberikan nilai tambah bagi para nasabah binaan. Awalnya mereka hanya bertani dan menjual sayuran. Kini mereka mendapatkan pendapatan sampingan dari usaha barunya. Selain itu, sayuran yang tidak terjual dapat diolah menjadi makanan, sehingga tidak ada sayuran yang terbuang.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat, pada pelatihan ini PNM turut menyosialisasikan Izin Produk Industri Rumah Tanggat (PIRT). Produk nasabah akan mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan dengan melalui tahap-tahap seleksi dan uji laboratorium mengenai keamanan produk sehingga aman dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produk yang dihasilkan oleh nasabah, seletahnya mereka dapat memperluas pemasarannya.

Dalam pelatihan ini hadir Pemimpin Cabang PNM Cimahi Hj Neneng Yani Andriani, Kepala Bidang PKU & PK PT PNM (persero) Andi Irnawati , serta Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Bandung Barat H Nanang Ismantoro SKM MM yang memberikan materi mengenai sosialisasi izin PIRT dari dinas kesehatan, pengolahan berbagai macam makanan dan pengemasan yang menarik sehingga mempunyai nilai jual yang ekonomis.

Editor: Machmud Mubarok

(TRIBUN JABAR)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id