Pemerintahan

Peresmian Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat

Peresmian Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat

11 September 2017

CIBURUY - Peresmian Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat di hadiri sekaligus di resmikan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di dampingi Bupati Kabupaten Bandung Barat Drs. H. Abubakar M.Si beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bandung Barat dan Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Bandung Barat Ristendi Rahim.

Sofyan juga berucap syukur atas terlaksananya Kantor Pertahanan Nasional di Kabupaten Bandung Barat, karena sudah sekian lama kantor tersebut menyewa tempat dan sekarang bisa menikmati tempat yang baru. Mudah-mudahan kedepannya pelayanan BPN lebih bagus lagi, ucapnya dalam acara peresmian Kantor BPN Kabupaten Bandung Barat di Jalan Raya Ciburuy - Padalarang. Senin (11/09).

Menurutnya pada tahun ini Presiden menargetkan sertifikasi lahan secara nasional mencapai 5 juta sertifikat dan saat ini realisasinya baru 1,1 juta sertifikat dari target 2 juta sertifikat di APBN awal serta 3 juta lagi di APBN tambahan. Dari jumlah itu untuk Jabar sendiri ada 594.500 sertifikat, itu merupakan loncatan luar biasa karena biasanya Jabar hanya sekitar 70.000 tapi kini bisa mencapai 600.000 sertifikat/tahun.

Percepatan sertifikasi tanah rakyat ini diharapkan bisa tercapai sampai akhir tahun nanti. Sebab nantinya ketika tanah sudah tersertifikat maka bisa menjadi colateral atau jaminan ke bank sehingga bisa membantu masyarakat juga. "Namun memang hal ini masih terkendala dengan keterbatasan juru ukur," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Bandung Barat Abubakar mengatakan, sebanyak 1.500 bidang tanah rakyat yang telah disertifikasi akan dibagikan secara simbolis. Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dari BPN, sebanyak 13.500 bidang tanah di kawasan Kecamatan Rongga, Sindangkerta, Cihampelas, dan Gununghalu diharapkan dapat tersertifikasi dan bersertifikat pada tahun ini.

"Karena dengan memilikinya sertifikat, seluruh rakyat punya kekuatan hukum yg kuat bebas dari sengketa tanah dan dapat di jadikan modal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat", ucapnya.

Abubakar juga mengatakan bahwa dengan dibangunnya gedung baru ini paling tidak persoalan-persoalan yang berkaitan dengan administrativ dalam hal pertanahan menurutnya sudah mulai optimal dilayani oleh kantor BPN.

“Sesuai dengan petunjuk dari Pak Menteri saya berharap agar fungsi-fungsi yang terkait dengan palayan BPN seperti pelayanan dari PPAT, pajak, dan lain-lain bisa bersinergi,” ujarnya.

Abubakar berpesan kepada masyarakat agar bersyukur kepada pemerintah karena telah menyelenggarakan program pensertifikatan tanah yang hasilnya hari ini akan diserahkan kepada Bapak Presiden, pungkasnya.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id