UMKM

Pemerintah KBB Fasilitasi Sertifikat Halal Buat IKM

Pemerintah KBB Fasilitasi Sertifikat Halal Buat IKM

25 September 2018

Pelaku usaha yang tergolong Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) jumlahnya mencapai ribuan. Namun diantaranya masih ada IKM yang belum memiliki sertifikat halal, sebagaimana keharusan sebuah produk berkualitas yang diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pemerintah sendiri menaruh perhatian besar terhadap perkembangan IKM tersebut, mengingat kontribusinya cukup besar dalam memajukan perekonomiam masyarakat. Langkah yang diambil pemerintah untuk membantu keberlangsungan usaha mereka, salah satunya dengan menggratiskan proses sertifikasi halal tersebut. Namun hal itu, tidak seluruhnya bisa membantu mereka, mengingat jumlah IKM makin bertambah serta masa berlaku sertifikasi dibatasi hanya dua tahun saja.

"Selama ini, banyak juga IKM yang sudah dibantu sertifikasinya oleh pemerintah pusat dan pemerintah propinsi. Tapi perkembangan IKM di kita (KBB), cukup pesat juga. Jadi masih banyak pula IKM yang belum bersertifikasi," ujar Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB Yopie Irawan Iskandar, Senin (10/9/2018) di Ngamprah.

Oleh karena itu sambung Yopie, Pemkab Bandung Barat mulai tahun 2018 mengganggarkan Rp173 juta untuk sertifikasi gratis 70 IKM. Bantuan tersebut merupakan bantuan pertama kalinya yang dianggarkan langsung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB. Selama ini, bantuan sertifikasi tersebut masih bersumber dari APBD Propinsi Jawa Barat atau mengandalkan bantuan dari Kementrian Perindustrian RI.

Diharapkan pada APBD tahun 2019, bantuan untuk sertifikat halal tersebut jumlahnya bertambah. Hal itu, untuk menunjang keberlangsungan usaha pelaku IKM. "Maunya sih, tahun depan bisa membantu sekitat 300 IKM. Mudah-mudahan saja bisa terlaksana," cetusnya.

Ditambahkan Yopie, sebagai salah satu upaya Pemkab Bandung Barat dalam mengejar target kabupaten halal. Untuk mewujudkan semua itu, tentunya perlu dukungan penuh dari pelaku IKM-nya. Disperindag KBB memandang perlu menyatukan persepsi tersebut sehingga secara khusus menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikat Halal Produk IKM, telah berlangsung Kamis (16/8/2018) lalu di Topas Galeria Hotel Bandung.

"Ada 70 IKM yang kita undang untuk menyatukan persepsi bahwa kita ingin menciptakan kabupaten halal. Dengan kata lain, kita ingin memberikan tanda bukti bahwa produk yang dijualbelikan atau diproduksi IKM kiya sudah memenuhi syarat halal sesuai ketetapan MUI," pungkasnya. (tries)



(sumber; dialogpublik.com)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id