Berita

Pelayanan MOP dan MOW Keluarga Berencana

Pelayanan MOP dan MOW Keluarga Berencana

27 November 2017

LEMBANG - Berbicara tentang masalah kependudukan, ada dua masalah pokok yang memerlukan perhatian kita, yaitu : masalah kualitas dan kuantitas penduduk.

Yang pertama kita harus mengakui bahwa kualitas penduduk Indonesia masih rendah, jauh tertinggal dari Negara-negara tetangga kita di ASEAN. Masalah kemiskinan masih belum dapat diatasi dengan baik, angka kematian Ibu dan Bayi masih cukup tinggi, indikator pendidikan masih rendah dan indeks pembangunan manusia Indonesia juga masih ada di tataran bawah.

Untuk mempercepat perwujudan Indonesia termasuk masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang lebih sejahtera, kualitas penduduk memang harus ditingkatkan seiring dengan pengendalian kuantitas penduduk. Pembentukan ekonomi tanpa dukungan kualitas penduduk yang memadai tidak akan berkelanjutan. Sebaliknya peningkatan kualitas penduduk tidak akan terjadi jika ada pertumbuhan ekonomi. Membiarkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas rendah menjadi tidak terkendali akan mempersulit persoalan pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

Untuk itu perhatian yang lebih besar harus diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat dengan status sosial ekonomi yang rendah. Pemberian KB yang lebih berkualitas, untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga telah menjadi suatu keniscayaan.

Bupati Bandung Barat, H. Abubakar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan Pelayanan MOP dan MOW Keluarga Berencana di SESKOAU Lembang, Senin (28/11/2017).

Abubakar berharap melalui kegiatan tersebut bisa meningkatkan kesadaran dari seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat untuk ber-KB dan membentuk Keluarga Kecil yang berbahagia.

"Apabila kita perhatikan secara seksama, program KB ini sangat selaras dan bersimbosis dengan Visi Bandung Barat Cermat. Bandung Barat CERMAT berupaya untuk membentuk masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang unggul bukan hanya dari fisiknya saja namun juga non fisik, hal ini jelas selaras dengan tujuan dari Keluarga Berencana sendiri yaitu membentuk Keluarga yang bahagia," ungkap Abu.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat itu menegaskan, "dengan keluarga kecil diharapkan para orang tua dapat lebih fokus dalam memberikan pengasuhan dan pendidikan kepada anak-anaknya termasuk juga berkaitan dengan asupan gizinya, sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi anak-anak yang unggul dan siap untuk berkompetisi dengan siapapun," tegas Abubakar.

Pada kesempatan itu pula turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat, juga Komandan SESKOAU Marsda TNI Johanes Berchmans.



(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id