Berita

Pelantikan dan Deklarasi Satgas Anti Narkoba

Pelantikan dan Deklarasi Satgas Anti Narkoba

14 Desember 2017

PADALARANG - Kegiatan Pelantikan dan Deklarasi Satgas Anti Narkoba Instansi Pemerintah dan Masyarakat Kab. Bandung Barat tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Bupati Bandung Barat H. Abubakar dan dihadiri oleh Ibu Elin S.Abubakar, Kapolres Cimahi, Kepala BNN Kab. Bandung Barat, Pejabat dilingkungan Pemda Bandung Barat, Satgas Anti Narkoba Kab. Bandung Barat yang diselenggarakan di Exhibition Centre Bale Pare. Kamis (14/12).

Dalam rangka mewujudkan visi Bandung Barat CERMAT, mewujudkan masyarakat yang Cerdas, Rasional, Maju, Agamis, dan Sehat berbasis pada pengembangan dan pemberdayaan potensi wilayah, maka mutlak dilakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan yang berpusat pada manusia sebagai tujuan utama dari pembangunan dimaksud.

Begitu besar dampak negatif dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan bersifat multidimensi, baik itu pada dimensi ekonomi, sosial, kultural, kesehatan, penegakkan hukum dan keamanan nasional.

Berdasarkan hasil penelitian BNN dan Puslitkes UI tahun 2015, angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia sebanyak 4 juta orang dan prevalensi penyalahgunaan juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, jika ditahun 2008 sebanyak 1,99% dari jumlah penduduk dan ditahun 2015 telah meningkat menjadi 2,80% dari jumlah penduduk.

Langkah nyata yang dilakukan untuk mewujudkan harapan tersebut yaitu sebagaimana kita laksanakan hari ini yaitu dengan terbentuknya Satgas Anti Narkoba, Pembentukan Satgas Anti Narkoba merupakan wujud dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dari berbagai unsur dan melakukan kemitraan dengan berbagai elemen.

"Dengan adanya Satgas ini, diharapkan akan selalu sigap dan tanggap dalam merespons setiap persoalan terkait penyalahgunaan narkoba dan mampu bekerjasama dengan aparat terkait, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya." ujar Abubakar

Terbentuknya Satgas Anti Narkoba dan deklarasi anti narkoba hari ini, akan mampu memberikan manfaat yang besar dalam penanggulangan pemberantasan peredaran Narkoba, sehingga Kabupaten Bandung Barat benar-benar bersih dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.


(KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id