Pendidikan

Outdoor Classroom Day Warnai Kegiatan SMP Di Bandung Barat

Outdoor Classroom Day Warnai Kegiatan SMP Di Bandung Barat

01 November 2018

NGAMPRAH - Imam Santoso M.R., Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyampaikan bahwa Outdoor Classroom Day yang dilaksanakan pada sebagaian besar sekolah jenjang SMP di Kab. Bandung Barat diharapkan menyadarkan kembali pada semua pihak, baik sekolah, guru, maupun siswa terkait dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran. Ketika selama ini dipahami bahwa belajar hanya dapat dilaksanakan di dalam kelas, kegiatan Outdoor Classroom Day dapat menyadarkan kembali bahwa pembelajaran dapat dilakukan di mana saja, tidak terbatas dengan ruang kelas.

“Saya memberi apresiasi terhadap sekolah yang telah melaksanakan Outdoor Classroom Day,” ungkap Imam saat dimintai komentarnya terkait dengan pelaksanaan Outdoor Classroom Day pada beberapa SMP di Kab. Bandung Barat, Rabu (01/11/2018).

Outdoor Classroom Day merupakan kegiatan dalam menyongsong peringatan Hari Anak Internasional. Kegiatan tersebut merupakan program yang sangat bagus dan strategis karena dapat memberi nuansa baru bagi para siswa dan guru tentang proses pembelajaran. Bila selama ini proses pembelajaran dimakanai sebagai kegiatan yang terbatas pada ruang kelas, melalui Outdoor Classroom Day, terbangun kembali kesadaran bahwa pembelajaran dapat pula dilaksanakan di luar kelas pada beberapa materi pelajaran yang memungkinkan. Dengan kata lain, seluruh lingkungan sekolah dan luar sekolah dapat dijadikan oleh siswa dan guru sebagai sarana pembelajaran.

“Pelaksanaan Outdoor Classroom Day mengingatkan kembali kepada seluruh guru bahwa dalam pembelajaran, keberadaan lingkungan sekolah dan sekitarnya dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar,” pungkas Imam

Dalam kegiatan Outdoor Classroom Day tersebut, seluruh sekolah yang melaksanakannya, mengemas pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas luar kelas yang dimilikinya. Berbagai aktifitas belajar dilakukan oleh masing-masing sekolah. Outdoor Classroom Day di antaranya dilaksanakan dengan melaksanakan literasi masal, pembelajaran kontekstual, penguatan kerakter, olahraga, dan seni. Bahkan ada pula sekolah yang mengemasnya dengan menyelenggarakan permainan tradisional, seperti sonlah, rerebonan, dan sorodot gaplok.

Mencermati berbagai kegiatan yang dilakukan oleh beberapa sekolah tersebut, seluruh siswa dan guru terlihat sangat antusias mengikutinya. Suasana yang penuh dengan kegembiraan dan keceriaan terpancar dari raut muka mereka.

Kegiatan Outdoor Classroom Day didasari oleh Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat yang diterjemahkan dari Disposisi Bupati Bandung Barat terkait dengan kegiatan Outdoor Classroom Day yang harus dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP. Selama satu hari penuh, Rabu (01-11-18) sebagian besar sekolah secara serentak melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day. Kemasan kegiatan yang dilaksanakan sekolah bervaiatif, menyesuaikan dengan kondisi, kesiapan, dan kemampuan sekolah masing-masing.

Pada kesempatan lain, Dadang A. Sapardan, Plt. Kepala Bidang Pendidikan SMP mengemukakan bahwa Kegiatan Outdoor Classroom Day tersebut melahirkan sisi positif terhadap seluruh siswa dan guru. Melalui kegiatan ini lahirnya kesadaran akan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana belajar. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak terbatas oleh ruang kelas, tetapi pembelajaran dapat pula dilakukan di luar ruang kelas, seperti halnya pembelajaran pada mata pelajaran Penjasorkes yang selama ini dilakukan.

“Secara kasat mata, terdapat sisi positif yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, yaitu terbangunnya kembali kesdaran akan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar,” papar Dadang.



(DISDIK dan KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id