Pemerintahan

Musrenbang Kecamatan Kab. Bandung Barat Tahun 2018

Musrenbang Kecamatan Kab. Bandung Barat Tahun 2018

24 Januari 2018

CISARUA - Pada acara Musrenbang tingkat Kecamatan Kab. Bandung Barat yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Bandung Barat, Kepala SKPD, Camat Cisarua dan Ngamprah, Muspika Cisarua dan Ngamprah, Para Delegasi/ Perwakilan dari Desa.

Mewakili Bupati Bandung Barat Ir. Jarot Prasetyo Sekretaris Bappeda membacakan sambutan bupati pada acara musrenbang tersebut yang diselenggarakan di Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Rabu pagi tadi (24/01).

"Melalui pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang dimulai dari tahap musrenbang Desa, dilanjutkan dengan tahap musrenbang Kecamatan dan kemudian musrenbang Kabupaten, Pemerintah Kab. Bandung Barat melaksanakan agenda dan tahapan perencanaan pembangunan daerah secara demokratis, partisipatif, transparan dan akuntabel menuju kepemerintahan yang baik (good governance)." ujar Ir. Jarot Prasetyo

Dengan mengusung tema musrenbang tahun 2018 untuk Perencanaan tahun 2019 adalah "Mewujudkan Kemandirian dan Peningkatan Daya Saing Masyarakat melalui Pengembangan Agro Industri dan Wisata Ramah Lingkungan". Tema tersebut agar dapat memberikan arah dalam perumusan dan penyusunan rencana program dan kegiatan prioritas khususnya untuk tahun 2019 yang akan menitik beratkan pada kemandirian dan peningkatan daya saing, dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan kemiskinan.

Untuk itu, pelaksanaan perencanaan pembangunan agar dilaksanakan secara komprehensif, yang meliputi dialog, koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi, dan sinergi multi pihak.

Usulan program dan kegiatan prioritas tahun 2019 yang dijaring melalui musrenbang kewilayahan pada tingkat Desa dan Kecamatan adalah usulan yang merupakan urusan dan kewenangan Pemerintah Kabupaten melalui SKPD, dan akan dibiayai oleh APBD Kabupaten melalui pagu indikatif kewilayahan (PIKw) sedangkan untuk program kegiatan yang merupakan urusan desa harus didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) melalui dana Desa, pendapat asli Desa dan sumber lainnya yang masuk dalam APBDes.



(KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id