Pendidikan

Kepala Sekolah Perlu Mendorong Terus Implementasi PPK

Kepala Sekolah Perlu Mendorong Terus Implementasi PPK

08 Oktober 2018

NGAMPRAH - Imam Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyampaikan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) harus mendapat dukungan optimal dari setiap kepala sekolah agar dapat diimplementasikan di sekolahnya masing-masing. Dukungan yang diberikan, minimal dalam bentuk political will dalam kapasitas sekolah sebagai pemegang manajerial sekolah.

“Penguatan Pendidikan Karakter harus mendapat dukungan optimal dari setiap kepala sekolah sebagai pemegang otoritas manajerial di sekolah,” tutur Imam saat dimintai komentarnya terkait dengan pelaksanaan Sosialisasi Implementasi PPK yang diselenggarakan di Hotel Endah Parahyangan, Senin (8/10/18).

PPK merupakan program yang berupaya untuk menguatkan dan menumbuhkembangkan karakter pada setiap siswa dan stakeholder pendidikan yang ada di sekolah. Program ini merupakan langkah nyata dalam mempersiapkan generasa masa depan, sehingga memiliki kesiapan dalam mengarungi kehidupan abad 21. Keberhasilan implementasi PPK tidak bisa melepaskan diri dari peran kepala sekolah sebagai pemegang tampuk kepemimpinan di sekolah. Terimplementasikan atau tidaknya PPK pada sekolah tergantung dari kebijakan yang diambil oleh setiap kepala sekolah.

Dikemukakan juga, bahwa abad 21 merupakan masa yang penuh tantangan. Tantangan kehidupan abad 21 memiliki perbedaan signifikan dengan tantangan abad sebelumnya. Abad ini ditandai dengan fenomena kehidupan yang masuk pada domain revolusi industri 4.0. Revolusi industry 4.0 diwarnai dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam kehidupan keseharian. Pada revolusi ini, kehidupan diwarnai dengan adanya mobilisasi pengetahuan secara cepat, murah, dan massif dengan memanfaatkan perangkat perangkat computer dan gadget. Bila fenomena pola kehidupan tersebut tidak direspons sejak dini, bangsa ini dimungkinkan akan kalah bersaing dengan bangsa lainnya. Karena itu, untuk menghadapi tantangan tersebut penguatan karakter pada setiap siswa harus dilakukan dalam upaya memperkuat pondasi mereka.

“Tugas utama kepala sekolah penentu kebijakan pada sekolah adalah menstimulasi semua pihak untuk memiliki perhatian terhadap implementasi PPK,” tutur Imam.

Pada kesempatan lain, Dadang A. Sapardan, Plt. Kepala Bidang Pendidikan SMP menyampaikan bahwa berbagai langkah sosialisasi agar implementasi PPK pada jenjang SMP di Kab. Bandung Barat dapat dilaksanakan oleh sekolah sudah dilakukan sejak lama. Sejalan dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter langkah untuk mendorong implementasinya semakin diintensifkan. Dengan demikian, PPK dapat diimplementasikan pada seluruh sekolah jenjang SMP.

PPK merupakan bagian dari kebijakan yang didorong untuk diimplementasikan pada setiap sekolah jenjang SMP di Kab. Bandung Barat. Selain itu, beberapa program yang menjadi bagian utama kebijakan Bidang Pendidikan SMP, di antaranya implementasi GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dan penguatan kompetensi siswa dengan mengedepankan HOTS (High Order Thinking Skill). Ketiganya, akan mendapat perhatian serius dengan harapan dapat mengantarkan siswa SMP di Kab. Bandung Barat menjadi generasi yang memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan kehidupan abad 21.

“Dorongan agar PPK diimplementasi pada seluruh sekolah jenjang SMP merupakan langkah untuk siswa agar mampu mengimbangi fenomena kehidupan abad 21,” terang Dadang, menyampaikan harapan dari implementasi PPK pada jenjang SMP di Kab. Bandung Barat.



(DISDIK dan KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id