Kesehatan & Olahraga

Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga Tk. Kabupaten Bandung Barat

Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga Tk. Kabupaten Bandung Barat

23 November 2017

PADALARANG - Dalam pengembangan olahraga prestasi diperlukan keterlibatan semua pihak, mulai dari atlet, pelatih, organisasi olahraga, Pemerintah Daerah serta unsur-unsur lainnya. Organisasi olahraga memegang posisi strategis dalam mengembangkan prestasi olahraga melalui program kerja yang disusun dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi selama 1 tahun. Upacara pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00 oleh Perwakilan dari KETUA KONI Kab.Bandung Barat. (23/11)

Mengapa peran organisasi olahraga atau pengurus organisasi olahraga dikatakan penting? Karena program kerja yang disusun akan mempengaruhi prestasi yang dicapai oleh atlet dan pelatih. Untuk meraih prestasi tertinggi tidak hanya atlet dan pelatih saja yang berperan, akan tetapi peran Pengurus Cabang Olahraga karena dalam meraih prestasi tidak begitu saja diperoleh, tetapi dengan rencana yang tersusun dan terarah Kerja Cabang Olahraga. Dari pemikiran tersebut maka diperlukan pembinaan atau Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga khususnya cabang olahraga prestasi.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga di Ramayana Padalarang dengan peserta sebanyak 43 orang berasal dari utusan kecamatan-kecamatan se-Kabupaten Bandung Barat serta utusan guru PJOK SD dan SMP sekaligus SP3OR.

Memberikan wawasan manajemen olahraga di kalangan Pengurus Cabang Olahraga Bandung Barat ini merupakan ide yang bagus agar dalam melaksanakan tugasnya Pengurus cabang Olahraga memiliki wawasan yang luas tentang perencanaan baik Program kerja maupun pengelolaan keuangan serta Sport Science sehingga dapat mempersiapkan atlet dan pelatihnya berprestasi olahraga.

Setelah Laporan Ketua Panitia selesai, dilanjutkan dengan Sambutan Perwakilan dari Ketua KONI kab. Bandung Barat sekaligus membuka acara ini secara resmi, pada sambutan kali ini disampaikan beberapa hal antara lain:

  1. Pentingnya Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga, mengingat keberhasilan prestasi olahraga tidak hanya ditentukan oleh atlet dan pelatih saja akan tetapi juga faktor non teknis yaitu Organisasi Olahraga yang sehat dengan Program Kerja yang jelas dan transparan.
  2. Pengelolaan keuangan yang terencana dan berkesinambungan, dengan harapan masalah pendanaan tidak menjadi kendala pembinaan prestasi.
  3. Pentingnya Sport Science dalam mengembangkan kemampuan atlet dan peningkatan wawasan pelatih akan fungsi tehnoligi informasi.
  4. Salam Olahraga (Bandung Barat Jaya,Jaya Menang)

Materi yang disampaikan pada Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga dengan tema strategi olahraga yg berkembang di Masyarakat disampaikan oleh Drs. SUMARDIYANTO, M.Pd.

"Kepada seluruh peserta untuk mengembangkan wawasan yang telah diterima untuk kemajuan organisasi olahraganya masing-masing" ujar Dadang Robani, S.Pd

Kegiatan Peningkatan Manajemen Organisasi Olahraga dan kegiatan seperti ini dilaksanakan di beberapa Provinsi di Indonesia, juga disampaikan laporan peserta yang mengikuti sebanyak 43 orang dengan rincian dari utusan Kecamatan se-KBB serta utusan Guru SD dan SMP dan juga SP30R.


(DISPORA KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id