Berita

Kang Maman, "Tingkatkan Kualitas Dan Kapasitas TKK"

Kang Maman, "Tingkatkan Kualitas Dan Kapasitas TKK"

23 Mei 2017

LEMBANG - Untuk lebih meningkatkan kinerja dan kemampuan aparaturnya, Sekertaris Daerah (Sekda) kab. Bandung Barat, Maman S. Sunjaya meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk lebih meningkatkan kualitas dan kapasita para Tenaga Kerja Kontrak (TKK) melalui sebuah pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam memberikan pelayanan publik.

Karena menurutnya, pegawai di Pemerintah Kab. Bandung Barat tidak terdiri dari PNS saja, tetapi juga para TKK yang turut memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan Pemerintahan Daeah.

"Saya rasa para TKK memiliki andil yang cukup besar dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Jadi audah sepantasnya jika mereka diberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya, terutama terkait Prestasi Dedikasi Loyalitas dan Tindakan tidak tercela (PDLT) layaknya yang dimiliki seorang PNS," ujar Kang Maman (sapaan akrabnya) ketika membuka Workshop Penyusunan Bezzeting Pegawai dan Rekonsiliasi Data PNS tahun 2017 Lingup Pemerintah Kab. Bandung Barat, di Lembang, Rabu (23/5) pagi tadi.

Jika melihat kondisi saat ini, Kang Maman mengatakan bahwa wajar saja jika banyak TKK yang berprilaku semaunya. Karena sejak berdirinya Kab. Bandung Barat, tidak pernah diberikan diklat khusus bagi para pegawai honor tersebut. Dengan diberikannya diklat khusus bagi para TKK diharapkan mereka bisa lebih mengetahui berbagai standar operasional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang abdi masyarakat meski statusnya masih tenaga kontrak.

Berkaitan dengan permasalahan kepegawaian, Maman menyebutkan bahwa hingga kini belum ada data kepegawaian yang valid sesuai dengan kondisi riil dilapangan. Sebab model validasi data masih dilakukan secara manual

"memang sistem kepegawain kita saat ini belum memiliki sebuah sistem aplikasi yang handal, sehingga pendataan masih dilakukan secara manual. Sementara data dilapangan terus mengalami perubahan setiap tahunnya terkait pegawai yang pensiun, datang maupun pindah," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa akurasi data kepegawaian sangat diperlukan untuk mentransfer informasi menjadi data akurat yang akan disesuaikan dengan analisa kebutuhan termasuk untuk menyiapkan alternatif pengangkatan pegawai baru.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id