Pemerintahan

Inovasi Teknologi Tepat Guna, Kab. Bandung Barat Borong Piala

Inovasi Teknologi Tepat Guna, Kab. Bandung Barat Borong Piala

31 August 2017

KBB R.A.D.A.R - Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil memborong juara pada acara gelar teknologi tepat guna tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Majalengka beberapa waktu lalu. Juara yang berhasil ditorehkan yakni juara 1 kategori inovasi, juara 1 kategori unggulan, dan juara 2 stand terbaik.

Penggunan teknologi tepat guna tertuang dalam peraturan Bupati Bandung Barat No 32 Tahun 2016 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna.

Selain itu, tertuang dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui teknologi tepat guna, sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna.

“Upaya itu dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat yang diartikan sebagai upaya pengembangan masyarakat melalui cipta kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri secara mandiri,” ujar Bupati Bandung Barat, Abubakar, Kamis (31/8/2017).

Abubakar mengatakan, teknologi tepat guna adalah teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Yakni, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah ekonomi dan lingkungan.

Pengembangan teknologi tepat guna dibentuk lembaga kemasyarakatan. Untuk tingkat kecamatan disebut dengan pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek).

Sedangkan di tingkat desa disebut warung teknologi tepat guna (wartek). “Salah satu tugasnya adalah memberikan pelayanan teknis informasi dan komunikasi,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Wandiana mengatakan, di Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2014 telah dibentuk empat posyantek yaitu, posyantek Cihampelas, Parongpong, Padalarang, dan Gununghalu.

Sedangkan pada tahun 2015 dibentuk enam pos yantek yakni, pos yantek Cipongkor, Batujajar, Ngamprah, Cipatat, Cisarua, Cipeundeuy. “Di tahun 2016 dibentuk 2 posyantek Lembang dan Cililin,” kata Wandiana. (wie)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id