Berita

Imam Santoso: Manfaatkan Organisasi Kesiswaan Sebagai Ajang Berlatih Kepemimpinan

Imam Santoso: Manfaatkan Organisasi Kesiswaan Sebagai Ajang Berlatih Kepemimpinan

19 Mei 2017

Ngamprah-Disdik-Sudah sepantasnya siswa yang terlibat dalam organisasi kesiswaan, semisal OSIS, PMR, Pramuka, Paskibra dan lain sebagainya, memanfaatkan momentum mengelola organisasi tersebut untuk berlatih kepemimpinan serta berlatih memimpin beragam orang dengan beragam latar belakang. Ketika seseorang sudah mulai terjun pada ranah orgainsasi, pada masa mendatang orang tersebut dimungkinkan akan mampu memimpin organisasi lebih besar besar. Para pemimpin yang saat ini berperan dalam mengelola bangsa dan negara merupakan sosok yang pada masa mudanya aktif pada berbagai organisasi. Hampir dipastikan, tidak ada pemimpin yang tiba-tiba dengan begitu saja menjadi pemimpin. Sebelum mereka tampil pada kepemimpinan seperti saat ini, ada proses yang harus dilalui terlebih dahulu.

“Sudah sepantasnya para siswa yang hadir pada saat ini memanfaatkan momentum tersebut untuk mengasah kemampuannya memimpin,” papar Imam Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, saat pembukaan Sosialisasi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi yang diselenggarakan pada hari Jum’at (19/05/17) di Hotel Endah Parahyangan.

Dalam sambutannya Imam Santoso mengungkapkan pula bahwa siswa yang menjadi aktifis organisasi kesiswaan merupakan embrio pimpinan masa depan. Keberlangsungan kehidupan masa depan bangsa ini disandarkan kepada mereka yang saat ini tengah bergulat dengan pengelolaan organisasi, di antaranya organisasi persekolahan. Dengan demikian saat diminta untuk mengelola organisasi yang lebih besar dengan tanggung jawab yang lebih luas, mereka telah memiliki modal awal yang cukup.

Tugas pemimpinan adalah menggerakkan orang lain, bergerak bersama orang lain, dan bergerak lebih cepat dari orang lain, sehingga tujuan dari organisasi yang dipimpinnya akan dengan mudah dan cepat tercapai. Tipikal pemimpin demikian yang diharapkan akan dapat menggerakkan dan mengembangkan organisasi dengan lebih efektif. Karena itu, saat inilah waktu yang tepat bagi para siswa untuk menggali ilmu teoritis dan praktis terkait dengan kepemimpinan organisasi.

“Manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menggali ilmu teoritis dan praktis kepemimpinan organisasi, selain memanfaatkan untuk belajar dengan sebaik-baiknya,” papar Imam Santoso yang diamini oleh seluruh peserta.

Juhro Hamdan, Kepala Bidang Pendidikan SMP mengungkapkan bahwa Sosialisasi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi ini diisi oleh presentasi dari beberapa nasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu dari DPP KNPI, CEO Bank Bjb, Ketua AGUPENA Jawa Barat, Bimbingan Belajar Villa Merah, selain tentunya diisi oleh narasumber dari Dinas Pendidikan sendiri. Dengan heterogenitas narasumber pada kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan komprehensi dari berbagai visi. Kegiatan diikuti oleh 100 siswa yang merupakan perwakilan dari sejumlah SMP dan MTs di Kabupaten Bandung Barat.

“Saya berharap, pelaksanaan sosialisasi ini akan dapat berdampak pada lebih bergeraknya organisasi kesiswaan pada setiap satuan pendidikan” ungkapnya saat ditanya perihal harapan dari penyelenggaraan Sosialisasi Motivasi Sukses Belajar tersebut. —DasARSS.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id