UMKM

Helaranpun Jadi Ajang Gelar Produk IKM

Helaranpun Jadi Ajang Gelar Produk IKM

31 Oktober 2018

Bandung Barat- Membuat produk yang kreatif dan inovatif, boleh jadi Kabupaten Bandung Barat (KBB) tergolong daerah cukup produktif. Betapa tidak, produk Industri Kecil Menengah (IKM) KBB saja, kini sudah tembus pasar tingkat nasional.

Sejumlah olahan makanan produk IKM KBB, kini banyak dikenal masyarakat. Mulai dari aneka kripik, bermacam-macam kue bolu, hingga makanan serba susu, tersedia di wilayah KBB yang produksinya tersebar di 16 kecamatan se-KBB.

Namun memproduk saja tidaklah cukup. Tanpa ditunjang dengan pemasaran yang stabil, produk-produk itu tidak bakalan berarti. Dan inilah kendala secara umum pelaku IKM, yang diakui oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB, sebagai leading sector yang membidangi IKM.

“Produk-produk IKM KBB memang luar biasa banyaknya, variatif dengan hasilnya dan cukup akrab di lidah masyarakat kita. Nggak heran kan, kalua produk IKM KBB, khususnya di bidang olahan makanan sangat digemari masyarakat,” ucap Kepala Bidang Industri Agro Disperindag KBB Yopie Indrawan, Selasa (30/10/18) di Ngamprah.

Kian menjamurnya produk IKM tersebut pada satu sisi, membanggakan Disperindag KBB. Karena potensi daerah, muncul seiring dengan perkembangan perekonomian masyarakat. Namun pada sisi lain kata Yopie, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Bandung Barat, bagaimana produk-produk mereka tidak sebatas untuk dikonsumsi mereka saja atau hanya dijual dengan nilai kurang ekonomis.

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya agar IKM tersebut berkembang dengan pesat dan produknya dikenal masyarakat luas, yakni dengan mengikutsertakan mereka dalam pameran. Pihaknya memberikan ruang khusus, untuk pelaku IKM dengan menggelar produknya.

Bidangnya sambung Yopie, selalau mencari-cari peluang dalam setiap even bergengsi agar produk IKM itu bisa dipamerkan. Semisal waktu Tim Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) menyelenggarakan Helaran dan Rekor MURI Nasi Liwet Gembrong sebagai acara syukuran pelantikan Akur di sekitar Plaza Mekar Sari beberapa waktu lalu, pihaknya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Sejumlah produk IKM KBB digelar di sekitar tempat perhelatan agar masyarakat luas yang hadir di situ bisa mengenal produk-produk IKM tersebut. Belasan ribu orang yang memadati Plaza Mekar Sari, tentunya tidak mau melewatkan gelar produk IKM tersebut. “Alhamdulillah, stand-stand kita banyak dikunjungi masyarakat yang menghadiri acara Helaran itu. Melalui gelar produk seperti ini, Insha Allah produk IKM kita kian dikenal. Kita jadikan ajang Helaran itu sebagai ajang promosi bagi IKM juga,” terangnya. (Hens)



(sumber; harianpelita.co)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id