Sosial

Hari Disabilitas Internasional (HDI)

Hari Disabilitas Internasional (HDI)

13 Desember 2017

NGAMPRAH - Pada acara puncak peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional tahun 2017 tingkat Kab. Bandung Barat yang dihadiri oleh Hj. Elin S. Abubakar, Para Asisten dilingkungan Setda, Kepala SKPD, Camat se Kab. Bandung Barat, Ketua DPRD Kab. Bandung Barat, Pimpinan Perusahaan, Kepala SLB Kab. Bandung Barat, Pengurus Posrehsos, FKKADK, RBM, Pertuni, HWPCI yang diselenggarakan di Lantai 2 Setda Bandung Barat. Senin (11/12).

Di Indonesia Peringatan Hari Disabilitas Internasional dilaksanakan secara Nasional sejak tahun 1996. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap hak dan problematika penyandang disabilitas. Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kab. Bandung Barat telah dilaksanakan sejak tahun 2015, meski baru dilaksanakan selama 3 tahun hal tersebut tidak mengurangi pentingnya makna peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Penetapan Hari Disabilitas Internasional mengandung makna pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas sekaligus peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2017 ditingkat nasional adalah "Menuju Masyarakat Inklusif, Tangguh dan Berkelanjutan" dalam tema ini terkandung makna upaya pelibatan penyandang disabilitas dalam pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam keseluruhan proses pembangunan Indonesia.

Kesehatan dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas juga perlu diperhatikan untuk memfungsikan kembali dan mengembangkan kemampuan fisik, mental serta sosial agar dapat bersaing dengan masyarakat umum lainnya.

Satu komponen yang tidak kalah penting dalam berbagai upaya sosialisasi, harmonisasi dan implementasi berbagai langkah pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas adalah peran Media Massa baik cetak maupun elektronik yang telah menjadi penyampai informasi dan penyambung lidah, sekaligus pemersatu arus informasi yang positif bagi terwujudnya masyarakat inklusi.



(KOMINFO KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id