Pemerintahan

DPRD Maluku Tenggara Barat Melirik Pariwisata dan UMKM Bandung Barat

DPRD Maluku Tenggara Barat Melirik Pariwisata dan UMKM Bandung Barat

31 Mei 2018

NGAMPRAH - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Menerima Kunjungan Studi Banding dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat, yang bertempat diruang Rapat Sekretariat Daerah. Dan diterima langsung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang diwakili oleh kepala bidang Pariwisata Nunung dan kepala bidang Dinas Koperasi dan UMKM. Kamis (31/5/18).

Rombongan yang hadir berjumlah 15 orang, dan dipimpin langsung oleh ketua DPRD Maluku Utara Frengki Limber dan dirinya mengatakan studi banding hari ini fokus dalam tiga bidang, diantaranya yaitu pertanian, pariwisata, dan UMKM. Menurutnya wilayahnya itu bagian dari daerah tertinggal.

“Salah satu daerah Maluku Tenggara Barat ada kemiripan persis sama dengan Kabupaten Bandung Barat. Hanya saja yang membedakan wilayah kami dihimpit dua perbatasan negara sekaligus. Diantaranya negara australia dan Negara Timor Leste.”imbuhnya

Dalam studi banding di Bandung Barat ini, berharap bisa diterapkan di daerahnya. Karena wilayah Maluku Tenggara Barat ini, kaya dengan alam. Seperti laut, pantai, dan terumbu karangnya masih alami seperti di raja ampat.

Frengki Limber berharap, Selain pariwisata, dirinya akan mencontoh program pertanian dan UMKM nya. “Kita akan terapkan disana mudah-mudahan program yang ada di Kab. Bandung Barat akan kami paparkan sepenuhnya di kabupaten kami sehingga kedepan wilayah kami akan lebih maju” Ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama,

Kepala Bidang Pariwisata Nunung mengatakan, pihaknya memberikan gambaran teknis kepada DPRD Maluku Utara mengenai tahapan untuk pengembangan wisata di Kab. Bandung Barat.

“Kita kerja sama dengan tenaga ahli dengan perguruan tinggi seperti ITB, UNPAD, Kita membuat dulu master plan dan Detail Enginering Design (DED). baru kita melangkah pembangunan menggunakan angagran APBD” tuturnya.

Di Kab. Bandung Barat sendiri ada beberapa tempat wisata yang dikelola oleh Pemda dan swasta, diantaranya situ Ciburuy, dan Curug Malela. “Semua itu menjadi dasar penambahan Pendapatan Aset daerah (PAD) yang langsung masuk ke kas daerah” ujarnya



(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id