Pemerintahan

DLH Bandung Barat Pantau Pertambangan Kapur

DLH Bandung Barat Pantau Pertambangan Kapur

10 September 2018

DINAS Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan memonitoring aktivitas penambangan batu kapur di Kabupaten Bandung Barat, khususnya di wilayah Cipatat. Hal itu dilakukan agar proses aktivitas penambangan tersebut tidak berdampak negatif pada lingkungan.

"Dari dulu juga kita memang terus mengawasi bagaimana tata cara aktivitas penambangan ini bekerja apakah sudah sesuai aturan yang berlaku atau tidak. Sekarang kita pun akan lebih fokus memonitoring aktivitas tersebut," kata Kepala DLH KBB Apung Hadiat Purwoko di Ngamprah, Kamis (6/9/2018).

Menurut Apung, secara kumulatif data pada tahun 2012 sampai tahun 2018 ini, setidaknya ada 43 perusahaan yang fokus pada pertambangan. Dari jumlah tersebut, wilayah Cipatat memang menjadi dareah paling banyak dalam melakukan aktivitas pertambangan tersebut. Menurutnya, monitoring terhadap aktivitas penambangan tersebut, itu juga dilakukan untuk mencegah terjadinya akitvitas penambangan-penambangan liar di KBB.

"Di Cisarua sempat ada penambangan liar pasir terjadi, termasuk penambangan itu pun sekarang sudah kami tutup. Nah, agar hal itu tidak terjadi lagi, maka memang dibutuhkan pengawasan ketat terhadap aktivitas penambangan ini," kata Apung.
Apung juga mengatakan, bahwa masyarakat harus proaktif melaporkan jika merasa terganggu dan dirugikan dengan adanya aktivitas penambangan. Apalagi, jika aktivitas penambangan tersebut liar.
"Masyarakat juga bisa ikut mengontrol. Jika merasa dirugikan, silahkan lapor saja kepada pemerintah," kata Apung.

Editor: Dadang Setiawan (GALAMEDIA)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id