Pemerintahan

Bupati Abubakar Luncurkan Program KOTAKU

Bupati Abubakar Luncurkan Program KOTAKU

23 November 2017

NGAMPRAH - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat meluncurkan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) untuk mengajak masyarakat di pemukiman padat penduduk meningkatkan lingkungan sehat, nyaman dan bersih.

Mengawali program ini Bupati Abubakar memberikan bantuan tiga unit motor sampah di pemukiman Kampung Bantar Gedang, Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah.

"Ini upaya pemerintah daerah membangun kebersamaan dengan masyarakat untuk menciptakan hunian dan lingkungan Bersih, Sehat dan Nyaman meskipun pemukiman padat,"ungkap Abubakar, usai penyerahan secara simbolis motor sampah.

Bupati menjelaskan, wilayah Bandung Barat kawasan pemukiman padat penduduk berada di kecamatan Padalarang, Ngamprah dan Batujajar. Seiring geliat pembangunan dirinya berharap masyarakat disitu memiliki kesadaran menjaga lingkungan tetap nyaman.

Program KOTAKU ini meliputi penyediaan Intalasi air bersih, pemasangan intalasi air kotor, armada sampah, jalan lingkungan permukiman. Tahun 2018 nanti Abubakar mengatakan 50 rumah tidak layak huni akan di bangun untuk mengurangi kekumuhan perkotaan.

"Saya harapkan program ini bisa dirasakan manfaatnya mari kita jaga lingkungan tetap nyaman," kata Abubakar

Kepala Desa Mekarsari Krisno Hadi mengatakan program KOTAKU ini telah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di wilayahnya. Pemukiman penduduk di wilayahnya ini memang terbilang padat dan dekat dengan stasiun Padalarang.

"Program ini mengajak dan menyadarkan warga menciptakan kawasan hunian tanpa kumuh dan bebas sampah" ungkap Krisno.

Sebagai kawasan yang berada di dekat pusat pemerintahan, Krisno berharap wilayahnya menjadi contoh bagi daerah pemukiman padat penduduk lainnya.

"Mudah-mudahan kami bisa menjadi contoh bagi yang lain," tandasnya.



(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id