Kesehatan & Olahraga

Bupati Abubakar buka Lomba minat bakat siswa SD tahun 2018

Bupati Abubakar buka Lomba minat bakat siswa SD tahun 2018

16 Januari 2018

LEMBANG - Ditandai dengan pelepasan balon ke udara, Bupati Bandung Barat Abubakar resmi membuka lomba minat bakat siswa Sekolah Dasar (SD) tingkat Kabupaten Bandung Barat Tahun 2018 di Lapangan Bentang Lembang, Selasa(16/1).

Acara yang dihadiri ribuan peserta, juri, wasit, guru dan orang tua siswa ini akan digelar selama empat bulan hingga April 2018. Sebanyak lebih dari 35 mata lomba non akademik dan akademik akan dipertandingkan dalam lomba minat bakat siswa SD 2018 ini.

Bupati Abubakar mengatakan, Menteri pendidikan dan kebudayaan menyampaikan bahwa periode 2010 sampai 2035 merupakan periode bangkitnya generasi emas indonesia.

"Populasi usia produktif jumlahnya luar biasa, gelar lomba minat bakat ini merupakan bagian dari pengelolaan membentuk insan yang berkarakter, insan yang cerdas dan insan kompetitif, ujar Abubakar.

Dengan dilombakannya berbagai kompetisi baik berbasis akademik maupun akademik seperti Pupuh, ngadongeng, maca nulis aksara sunda dan olahraga ini untuk mengakomodir minat dan bakat siswa.

Gelaran seperti ini bukan hanya mencari prestasi, tetapi juga melatih dan memberi wawasan siswa untuk konsisten menggeluti bidang yang diminatinya.

"Metode pembelajaran dengan minat dan bakat lebih efektif membentuk siswa yang kompetitif pada masa yang akan datang," jelasnya.

Sekretaris Dinas Dinas Pendidikan Bandung Barat, Dadang Karmana menjelaskan, lomba bakat minat SD tahun 2018 mempertandingkan berbagai lomba baik non akademik maupun akademik. Calistung, OSN, Indonesia Sains Festival(ISF), Lomba Siswa Berprestasi, menyanyi solo, pidato,gambar bercerita, tari kreasi baru, kriya anyam, baca puisi, pantomim dan desain batik.

"Melibatkan 108 peserta siswa SD yang ada di Bandung Barat, dan 178 Panitia, Juri dan Wasit. Acara akan digelar hingga April 2018," katanya.

Terdapat beberapa kategori lomba dalam gelaran tahun ini, meliputi Apresiasi siswa sekolah dasar berupa Cipta pantun, Cipta syair, cerpen dan mendongeng. Kategori Pasamggiri sastra dan bahasa sunda yakni Pupuh, ngadongeng dan maca nulis aksara sunda.

"Untuk O2SN ada lomba Atletik, sepakbola, voli, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja, catur, renang, pencak silat, senam ritmik dan karate. PAI juga ada MTQ, Hifdzil Qur'an, Pildacil, Kaligrafi, praktek solat, cerdas cermat dan qasidah," tutupnya.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id