Pemerintahan

BUMDES dorong pertumbuhan Desa

BUMDES dorong pertumbuhan Desa

22 November 2017

LEMBANG - Lembaga ekonomi desa merupakan gerbong yang dapat memberikan peningkatan kesejahteraan terhadap masyarakat.

Bupati Bandung Barat, H. Abubakar mengatakan, "salah satu lembaga ekonomi desa yang berpotensi membangun kesejahteraan masyarakat adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)."

Melalui BUMDES, masyarakat dapat mengolah potensi desa menjadi bernilai ekonomis, selain menambah PAD dapat menambah peluang usaha bagi masyarakat, tegas Abubakar.

"Seiring dengan NAWACITA, Presiden berharap pembangunan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Abubakar di Lembang, (22/11/2017).

Menurut Abubakar, "adanya dana desa harus menjadi stimulan untuk mengembangkan potensi desa, bukan hanya pembangunan infrastruktur tapi desa juga harus menghasilkan pendapatan yang disebut pendapatan asli desa," tegas Abu.

"Dana desa harus tepat waktu dan tepat sasaran, bahkan bisa dibuat BUMDES bersama," tambahnya.

Oleh karena itu Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat terus menggenjot kapasitas kepala desa dan ketua Bumdes untuk terus memaksimalkan dana desa dalam mengembangkan Bumdes.

"Lahirnya UU Desa, kepala desa memiliki rumah tangga desa. Diantaranya Bundes yang harus dikelola untuk perguliran dana desa," papar Abu.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id