Layanan Masyarakat

Bentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Di Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Tahun 2017

Bentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Di Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Tahun 2017

02 Oktober 2017

CILILIN - Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Sosial RI Menyelenggarakan Kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Cililin Kecamatan Cililin pada 12 sd 14 September 2017.

Kampung Siaga Bencana (KSB) atau lebih dikenal dengan nama KSB merupakan salah satu program unggulan Kementerian Sosial yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kerentanan bencana. Esensi dari program Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah pelibatan masyarakat setempat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana atau dikenal dalam istilah lainnya Community Based Disasters Management yang di kombinasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah setempat.

Bencana mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat, kerugian tersebut tidak hanya berupa rusaknya harta benda semata namun dampak atau akibat lebih jauh adalah jatuhnya korban jiwa, yang tentunya tak dapat di nilai dengan apapun.

Pada Sambutannya Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), Bapak Adhy Karyono, menyatakan “Menurut data indeks Resiko bencana Indonesia (IRBI), Kabupaten Bandung Barat secara nasional merupakan peringkat 219 dengan skor 162 resiko tinggi. Jadi Jawa Barat peringkat ke 15 se-Indonesia, saat ini KSB telah terbentuk 524 yang tersebar diseluruh Indonesia dan yang ke 63 untuk wilayah Jawa Barat” beliau menghimbau kepada Pemerintah Daerah agar memberi perhatian yang lebih kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mereka dapat melakukan tindakan-tindakan darurat yang diperlukan bilamana terjadi bencana tersebut.

Bapak Bupati Bandung Barat pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kementeriaan Sosial RI, Dinas sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang mendukung penuh terselenggaranya kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Di Desa Cililin Kecamatan Cililin. atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdian demi kemanusiaan, sehingga kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) dapat terselenggara.

Pada hari ketiga tanggal 14 September 2017, puncak kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) diselenggarakan Apel Kesiapsiagaan Bencana. Pada apel tersebut dilakukan Penyematan dan Pengukuhan Tanda Pembina oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI kepada Bupati Bandung Barat sebagai Pembina Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan kepada Kepala Desa Cililin sebagai Pembina Kampung Siaga Bencana (KSB), sekaligus meresmikan Desa Cililin Kecamatan Cililin menjadi Desa Siaga Bencana.

Kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ditutup dengan Simulasi SOP Penanggulangan bencana yang melibatkan seluruh unsur Kampung Siaga Bencana (KSB), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Palang Merah Indonesia (PMI) dan masyarakat Desa Cililin,. Video Simulasi SOP Penanggulangan bencana dapat dilihat di tps://www.youtube.com/watch?v=cANrUaHuoVc&t=38s

Dengan adanya Kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Bandung Barat diharapkan masyarakat lebih sigap dalam menghadapi bencana. Masyarakat dengan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) akan saling bahu membahu untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh bencana.

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id