UMKM

Bandung Barat dalam Upaya Memberdayakan Potensi IKM

Bandung Barat dalam Upaya Memberdayakan Potensi IKM

31 Oktober 2018

Kabupaten Bandung Barat cukup potensial dengan keragaman produk Industri Kecil Menengah (IKM). Sejumlah olahan makanan dan cemilan produk IKM di KBB, telah berhasil menembus pasar Nasional dengan kualitas bersaing. Hingga kini, produk IKM KBB yang bergerak di bidang olahan makanan kian diminati.

Sejumlah olahan makanan IKM, hingga kini memiliki pelanggan tersendiri. Pelanggan tersebut bukan hanya di seputaran Bandung Raya, Tapi produk olahan makanan IKM KBB telah beredar di sejumlah luar Pulau Jawa.

Beberapa resep tembus pasar produk IKM KBB pada sejumlah wilayah, tidak terlepas peran serta Pemkab Bandung Barat. Peranan Pemkab tersebut, mulai dari pembinaan hingga promosi untuk membuka akses pasar jadi garapan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB.

" Pembinaan yang kita lakukan ini, merupakan salah satu upaya agar produk IKM KBB bisa bersaing di pasar modern. Alhamdulillah kini banyak IKM KBB yang produknya sudah go nasional. Dan kita terus melakukan pembinaan pada IKM-IKM baru agar mereka bisa mengikuti jejak IKM yang sudah berhasil,” Hal itu diungkapkanPlt Kepala Disperindag KBB Maman Sulaiman, ketika ditemui media dikantornya Selasa (30/10/18) di Ngamprah.Terlebih di masa kepemimpinan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Lanjut Maman,Pembinaan tersebut tetap berlanjut sesuai dengan visi misi Akur (Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius), Visi Misi Akur sangat cocok dengan program pemberdayaan IKM yang diharapkan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Bandung Barat.

“Kreatif dan unggul dari visi misi Akur, menjadi dasar program kita dalam mendukung jargon Lumpaaat (Lari) yang digulirkan bapak bupati dan wakil bupati kita,” terangnya.

Ditempat terpisah Kepala BidangIndustri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB Yopie Indrawan menambahkan, implementasi dari program IKM di bidangnya adalah melakukan berbagai pelatihan serta memberikan bantuan dalam proses sertifikasi usahanya. “Alhamdulillah, sudah banyak IKM KBB yang memiliki sertifikat usahanya. Sertifikat inilah yang bisa membantu usaha mereka untuk go public di pasaran,” terangnya.

Untuk membantu promosi produk usaha IKM, lanjut Yopie, Bidang Industri Agro kerap mengirimkan pelaku IKM untuk mengikuti berbagai pameran. Mulai pameran di tingkat lokalan, tingkat regional hingga tingkat nasional. Ternyata lewat pameran tersebut, Disperindag KBB, khususnya Bidang Industri Agro menyabet beberapa penghargaan atas keberhasilannya menjadi peserta pameran." imbuhnya.

Sementara menurut Ketua Tim Pemenangan Pameran Bidang Industri Agro Asep Koswara, prestasi yang diraih Pemkab Bandung Barat dalam ajang pameran ini cukup menggembirakan. Penghargaan dari pameran tersebut sebut Asep, sudah berada di posisi tingkat nasional. “Waktu pameran di Batam (11-14 Oktober 2018), kita mendapat Juara I sebagai stand terbaik bidang informasi perdagangan. Alhamdulillah kita mendapatkan tropy dari panitia, yang sekaligus sebagai tropy penyempurna dari tropy-tropy sebelumnya.

Diterangkan Asep, sebelum memperoleh Tropy dari Batam Investment Tourism and Trade, sebagai penyelenggara pameran tingkat nasional tersebut, pihaknya telah mengantongi tropy sebelumnya. Dua tropy tersebut berasal dari tingkat wilayah priangan dalam ajang pameran Pengembangan Industri.kreatif sebagai stand terbaik (kuliner) dan tingkat Jabar pada pameran Bidang Informasi Perdagangan sebagai stand terbaik keaneka ragaman makanan berbahan baku lokal tahun 2018.

Melalui pameran itulah, para IKM KBB bisa menikmati hasilnya. Produk mereka banyak dikenal masyarakat luas, yang otomatis bisa mengembangkan usahanya. Namun dibalik itu semua kata Asep, ternyata ada nilai plus yang diraih KBB. Selain nama KBB lebih dikenal luas lagi, para pelaku IKM bisa menikmati hasil usahanya dengan banyak pesanan produknya. “Tentunya kita bangga, pada akhirnya kerja keras kita dalam membina para IKM, bisa berbuah manis. Tropy itu, sangat berarti bagi kami karena didapatnya tidak gampang. Tapi satu hal yang menjadi catatan kami, bahwa melalui pameran ini banyak peluang dan kesempatan bagi IKM untuk mengembangkan usahanya,” pungkasnya. (Adv)



(sumber; dialogpublik.com)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id