Pemerintahan

Abubakar Fokus Wujudkan Visi CERMAT

Abubakar Fokus Wujudkan Visi CERMAT

27 Februari 2018

NGAMPRAH - Selain peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana penunjang kegiatan pendidikan di Kab. Bandung Barat, Pemerintahan Kab. Bandung Barat terus meningkatkan mutu sumber daya manusia guna mewujudkan visi Cermat.

Selama H. Abubakar memimpin Kab. Bandung Barat hampir dua periode, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat Drs. Imam Santosa Mulyo R. M.Pd. mengatakan pemerintah Kab. Bandung Barat telah mengalami keberhasilan dalam memberikan pelayanan pendidikan terhadap masyarakat, diantaranya telah merehab dan membangun ratusan ruang kelas baru, memberikan bantuan buku pelajaran, memberikan beasiswa dan mengadakan peningkatan mutu tenaga pendidik dan peningkatan sarana dan prasana lainnya.

Bupati Bandung Barat lanjutnya, selalu mendorong dan merespon dunia pendidikan dengan baik, jika ada kekurangan baik dari infrastrukturnya atau pun mutunya Bupati langsung memenuhi kekurangan tersebut.

Selama dua periode berjalan, Abubakar terus berupaya memberikan kebijakan yang berdampak dan terasa, sehingga dunia pendidikan selain meningkatkan mutu SDM masyarakat Kab. Bandung Barat juga memberikan dampak terhadap kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan.

Bukan hanya itu, untuk mencapai visi Cermat, pemerintah Kab. Bandung Barat terus meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan guna menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing pada era globalisasi seperti saat ini.

Untuk meningkatkan mutu pendidik, sebelumnya pemda Kab. Bandung Barat telah bekerjasama dengan United State Agency for International Development (USAID) sebagai salah satu lembaga donor dari Amerika yang memberikan program Prioritas dalam meningkatkan mutu pendidik.

"Demi meningkatkan mutu pendidikan di Kab. Bandung Barat, saat itu, meskipun kejasama dengan USAID berakhir, Pak bupati merupakan satu satunya bupati di Indonesia yang meminta kembali kepada USAID untuk meneruskan program prioritasnya di Kab. Bandung Barat,"Ujar Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat Imam Santosa Mulyo R, saat ditemui dikantornya. Kamis (22/2) pekan lalu.

Oleh karena itu, dengan terus digenjotnya pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan bagi masyarakat, hal itu sangat mempengaruhi pada peningkatan IPM di Kab. Bandung Barat yang bergerak terus dari tahun ketahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, perolehan Indeks Pembangunan Manusia Kab. Bandung Barat tahun 2017 sudah mencapai 76,40 yang terbentuk dari indeks pendidikan Masyarakat sebesar 86,17, indeks daya beli masyarakat sebesar 69,09, dan indeks kesehatan 73,98.

Dalam kurun waktu 2014-2017 nilai IPM KBB bergerak naik dari 74,92 pada tahun 2014 menjadi 76,40 pada tahun 2017. Pergerakan yang sama juga terjadi pada peningkatan indeks IPM dari masing - masing komponen, pada tahun 2014 indeks pendidikan 85,81 meningkat pada tahun 2017 menjadi 86,17, indeks daya beli masyarakat pun meningkat dari 65,07 pada tahun 2014 menjadi 69,09 pada tahun 2017 dan indeks kesehatan yang tadinya sebesar 73,88 pada tahun 2014 menjadi 73 98 pada tahun 2017.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar belum lama ini mengatakan, Pemerintah akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat khususnya pelayanan pada dunia pendidikan.

Menurutnya, Pendidikan sebagai salah kebutuhan dasar manusia yang harus dirasakan oleh setiap warga Kab. Bandung Barat, pendidikan tidak hanya terpaku pada pendidikan formal akan tetapi pendidikan non formal pun terus ia dorong.

Bahkan, menurutnya pendidikan merupakan salah satu komponen untuk menghitung IPM, dan keberhasilan peningkatan IPM dari tahun ke tahun merupakan keberhasilan sebuah kerjasama seluruh komponen sehingga IPM Bandung Barat terus bergerak.

"Tentunya, berkat kerjasama semua pihak, IPM Kab. Bandung Barat terus bergerak, termasuk di dalamnya sektor pendidikan yang mengalami kemajuan dan peningkatan IPM dari tahun ketahun," kata Abubakar.

Ia Menambahkan, Melalui proses pendidikan yang baik, maka akan menghasilkan dan mencetak manusia yang berkarakter dan berintegritas.

Selain itu ia mengatakan, pendidikan, selain menghasilkan SDM yang baik dan produktif, menurutnya harus terjadi perubahan tarap hidup terutama pada tenaga pendidik.

"Kesejahteraan pendidik akan mempengaruhi terhadap kinerjanya, oleh karena itu pemkab senantiasa untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan," ucapnya.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id