Berita

445.192 Anak Jadi Target Imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR)

445.192 Anak Jadi Target Imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR)

08 Agustus 2017

PADALARANG - Sebanyak 445.192 anak usia 9 bulan – 15 tahun di Kab. Bandung Barat menjadi target imunisasi vaksin Measles Rubella (MR) atau lebih dikenal campak Jerman yang dibagi menjadi dua tahap. Pertama pada bulan Agustus dengan sasaran anak di atas 7 tahun – 15 tahun. Sementara balita mulai dari usia 9 bulan – 7 tahun dilaksanakan pada bulan September.

Pada pencanangan kampanye imunisasi MR tingkat Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan di SDN Purabaya 3 Kecamatan Padalarang, Selasa (8/8) Wakil Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra, yang membacakan sambutan Bupati Bandung Barat, H. Abubakar mengatakan bahwa kampanye imunisasi ini sangat di butuhkan oleh anak-anak untuk mengantispasi penyakit campak dan rubella masih menjadi ancaman kesehatan.

"Imunisasi ini merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif untuk mencegah kematian dan kecacatan akibat campak rubella" kata Yayat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten sekaligus Ketua Forum Kabupaten Bandung Barat Sehat, Hj. Elin S Abubakar Berharap para tenaga pendidik untuk lebih mensosialisasikan tentang manfaat imunisasi MR ini kepada anak didik dan orangtuanya.

"Jangan sampai anak-anak ketakutan sewaktu mau di imunisasi, hingga ada yang lari, nangis dan kabur" kata Elin.

Selain tenaga medis yang dimiliki Dinkes, Elin berharap para kader Posyandu dan PKK serta tokoh agama untuk turut mensosialisasikan tentang keamanaan, manfaat, serta kehalalan dari imunisasi ini. Karena, telah mendapat sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Saya, menjamin imunisasi ini aman dan halal, karna telah di sertifikasi halal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat dr. Pupu Sari Rohayati M.Kes menjelaskan bahwa penyakit campak merupakan penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan kematian, kecacatan, kebutaan, gangguan jantung, gangguan hati, pernapasan dan fungsi tubuh lainnya. Namun, masih bisa dilakukkan pencegahan dengan imunisasi.

"Jumlah sasaran balita dan anak di KBB sebanyak 445.195 orang dengan tempat pos pelayanan 2381 berlokasi di posyandu, puskesmas dan sekolah. Kami menargetkan imunisasi ini bisa tercapai hingga 95%". Kata Pupu.

(Humas KBB)



Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id